Tinggi Badan 150 Berat Badan Ideal Berapa Pria dan Wanita?

Tinggi Badan 150 Berat Badan Ideal Berapa

Tinggi badan 150 berat badan ideal berapa? Pertanyaan tersebut seringkali terbesit dalam pikiran orang-orang dengan tinggi badan 150 cm, entah itu wanita maupun pria. Memiliki berat badan ideal sesuai tinggi badan, tidak hanya berdampak positif pada kesehatan saja, tetapi juga menunjang penampilan.

Berat badan yang terlalu kurus atau berlebihan dapat memicu terjadinya berbagai jenis penyakit. Seperti sistem imun yang terganggu, diabetes, penyakit jantung, gangguan berbagai organ, hingga masalah pada tulang dan sendi.

Tak sedikit orang-orang dengan berat badan kurang ideal merasa insecure. Jika terus berlangsung, rasa ketidakpercayaan diri ini bisa mempengaruhi kehidupan sosial.

Tinggi Badan 150 Berat Badan Ideal Berapa
unsplash.com

Tinggi Badan 150 Berat Badan Ideal Berapa? Yuk Cari Tahu!

Seorang wanita dengan tinggi badan 150 cm, maka berat badan idealnya sekitar 42,5 kg. Sedangkan seorang pria yang memiliki tinggi badan 150 cm, maka berat badan idealnya sekitar 45 kg.

Selain menggunakan data tersebut, juga bisa berpatokan dengan IMT atau Indeks Massa Tubuh. Berat badan ideal yang mengacu pada IMT, dikelompokkan menjadi beberapa kategori.

  • Kurus memiliki IMT kurang dari 18,5
  • Normal memiliki IMT antara 18,5 sampai 24,9
  • Kelebihan berat badan memiliki IMT antara 25,0 sampai 29,9
  • Obesitas memiliki IMT lebih dari 30,0

Sementara itu, seseorang dengan tinggi badan 150 cm memiliki berat badan ideal sekitar 41 kg hingga 54 kg. Berdasarkan IMT, kisaran berat badan tersebut termasuk ke dalam kategori yang sehat.

Namun perlu diingat, setiap individu memiliki komposisi tubuh yang tidak sama. Hal ini juga termasuk rasio otot, tulang, hingga lemak. Ketika pertanyaan tinggi badan 150 berat ideal berapa, dapat bervariasi sesuai pada faktor-faktor tersebut.

Cara Menghitung Berat Ideal dengan Tinggi Badan 150 cm

Berat badan ideal yang mengacu pada tinggi badannya, dinilai paling menyehatkan. Cara untuk mengetahui berat badan ideal bisa dengan membandingkannya dengan tinggi badan.

Salah seorang dokter asal Prancis menemukan sebuah rumus untuk menghitung dan mengetahui berat badan ideal seseorang sesuai dengan tinggi badannya. Rumus tersebut dikenal dengan rumus Broca.

Rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal pria dengan tinggi 150 cm:

  • Berat badan ideal dalam satuan kg = [tinggi badan dalam satuan cm – 100] – [(tinggi badan dalam satuan cm -100) x 100%]

Rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal wanita dengan tinggi 150 cm:

  • Berat badan ideal dalam satuan kg = [tinggi badan dalam satuan cm – 100] – [(tinggi badan dalam satuan cm – 100) x 15%.

Selain menggunakan rumus Broca, tinggi badan 150 berat badan ideal berapa, juga bisa dijawab dengan rumus Harris Benedict. Berikut ini adalah rumusnya:

  • Berat badan dalam satuan kg atau kilogram dibagi tinggi badan dalam satuan meter kuadrat (m2).

Dari hasil perhitungan tersebut, berat badan seseorang bisa dikatakan ideal jika mencapai angka 18,5 hingga 22,9 kg/m2.

Cara Mencapai Berat Ideal Tinggi 150 cm

Bukan masalah yang serius jika memiliki berat badan dibawah atau lebih dari kisaran ideal. Mencapai berat badan ideal bisa dengan berbagai macam cara yang sehat dan aman. Berikut ini tips diet sekaligus untuk mendapatkan hasil dari tinggi badan 150 berat badan ideal berapa, yang bisa diterapkan.

1. Memantau Asupan Kalori

Pola hidup sehat yang harus dijalani untuk mencapai berat badan ideal, yakni dengan memantau asupan kalori. Jumlah kalori yang dikonsumsi sehari-hari sebaiknya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cara untuk menentukan kebutuhan kalori harian, bisa dengan mengonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi. Umumnya, kebutuhan kalori harian ditentukan berdasarkan tinggi badan, berat badan, aktivitas fisik, hingga usia.

Hindari diet ekstrim, karena bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Jangan malas membuat jurnal makan.

Menulis jurnal makan adalah cara yang cukup menyenangkan untuk memantau jumlah kalori harian. Selain itu, menjadi cara yang mudah untuk mencapai dan menjaga berat badan ideal.

Menyewa pelatih pribadi untuk membuat jurnal makan, memang membutuhkan lebih banyak anggaran. Namun, bisa diatasi dengan menjaga diri supaya tetap bertanggung jawab di dapur.

2. Rutin Berolahraga

Mendapatkan jawaban dari pertanyaan tinggi badan 150 berat badan ideal berapa, tentu tidaklah cukup. Supaya dapat mencapainya, salah satu kunci utama yang harus dilakukan adalah dengan rutin berolahraga.

Ada beragam olahraga yang bisa dicoba. Salah satunya adalah dengan melakukan latihan aerobik selama tiga puluh menit sehari.

Aerobik atau kardio, mungkin bisa jadi latihan fisik yang membosankan. Akan tetapi, bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan jika dibarengi dengan mendengarkan musik favorit.

Kardio bisa menjadi olahraga yang menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan. Bahkan, sambil berjalan santai, berlari, atau bersepeda bisa sambil mengobrol, bercanda, hingga tertawa bersama.

Jalan kaki bisa membakar 300 – 400 kal/jam. Berlari dapat membakar 600 kal/jam. Berenang membakar kurang lebih 600 kal/jam. Mendayung membakar 840 kal/jam.

Olahraga secara rutin, juga bisa dilakukan dengan pergi ke gym. Tak ada salahnya menghabiskan berjam-jam setiap hari di tempat gym. Semakin banyak waktu yang diluangkan untuk pergi ke gym, semakin banyak pula pembakaran lemak.

Jika merasa malas dan bosan, sudah saatnya dorong diri untuk melewati zona nyaman. Berat badan ideal tidak akan tercapai tanpa adanya paksaan.

3. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Air mineral atau air putih merupakan salah satu minuman penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Air putih berfungsi untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, sehingga tubuh dapat bekerja secara optimal.

Selain itu, air putih juga dapat melancarkan proses metabolisme. Rutin mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, mencapai berat ideal semakin mudah.

Minum air putih tidak hanya membuat perut merasa kenyang. Namun, juga dapat mengalahkan nafsu makan, sehingga keinginan untuk menambah lebih banyak kalori dapat dihentikan.

Tidak hanya mencapai berat badan ideal saja, air putih sangat bagus untuk perawatan kulit. Sirkulasi nutrisi dalam tubuh semakin lancar dengan rutin mengonsumsi air putih. Lemak pada tubuh pun bisa menghilang.

Ada baiknya untuk mengurangi jenis minuman manis atau tinggi gula, minuman berkafein, hingga minuman beralkohol. Jenis minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan asupan kalori harian.

4. Mengonsumsi Weight Herba

Tinggi badan 150 berat badan ideal berapa, bisa dicapai dengan mengonsumsi Weight Herba. Weight Herba adalah susu yang diformulasikan secara khusus untuk membantu mencapai berat badan ideal.

Dalam Weight Herba, memiliki tiga bahan utama, yakni susu kambing etawa, daun kelor, dan temulawak. Ketiga formulasi tersebut memiliki kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan berat badan ideal secara alami. Beberapa diantaranya, serat, zat besi, vitamin A, vitamin E, dan nutrisi penting lainnya.

Tak hanya membantu mencapai berat ideal saja. Weight Herba juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah supaya dalam kisaran normal, menambah asupan protein, hingga memperbaiki sistem pencernaan.

Tinggi badan 150 berat badan ideal berapa, wanita sekitar 42,5 kg dan pria 45 kg. Cara mengukurnya bisa dengan menggunakan rumus Broca, rumus Harris Benedict, hingga mengacu pada IMT (Indeks Massa Tubuh). Tips diet sehat untuk mencapai berat badan ideal, yakni dengan pola hidup sehat, seperti membatasi asupan kalori, rutin berolahraga, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, dan jangan lupa minum susu Weight Herba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?