Usia Kehamilan Berapa Nafsu Makan Meningkat? Apakah Trimester 1?

Ibu hamil terkadang mengalami penurunan nafsu makan. Jadi sering terpikirkan “Usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat?”. Artikel ini akan membahas tentang hal tersebut, mari simak bersama-sama. Sebelumnya kita perlu tahu dulu usia kehamilan terbagi jadi berapa bagian.

  • Trimester 1: Bulan pertama hingga ketiga (1 minggu – 13 minggu)
  • Trimester 2: Bulan keempat hingga keenam (14 minggu – 26 minggu)
  • Trimester 3: Bulan ketujuh hingga kesembilan (27 minggu – 40 minggu)

Usia Kehamilan Berapa Nafsu Makan Meningkat?

Lalu, saat usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat? Apakah trimester 1 ketika janin masih sangat kecil, trimester 2 atau bahkan trimester 3?

    1. Trimester 1
      Jadi, ketika trimester 1 biasanya Bumil akan merasa mual dan terkadang muntah. Hal ini adalah hal yang wajar. Menurut teori pun, pada trimester 1 sebenarnya kalori tambahan tidak terlalu dibutuhkan. Yang penting prinsipnya adalah kebutuhan nutrisi Bumil setiap harinya terpenuhi.
    2. Trimester 2
      Kalau bukan trimester 1, lalu saat usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat? Apakah trimester 2? Jadi ketika Bumil berada di trimester 2, proses pertumbuhan janin sedang cepat cepatnya. Hampir semua organ tubuh mulai mengalami pertumbuhan.
      Jadi, apa jawaban dari pertanyaan “Usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat?”. Jawabannya adalah biasanya nafsu makan akan meningkat di trimester 2. Ketika Bumil sedang di trimester 2, kebutuhan kalorinya lebih banyak dari biasanya. Yaitu bertambah 340 kalori.
    3. Trimester 3
      Jadi, walau usia kehamilan yang dirasa paling membuat nafsu makan meningkat adalah trimester 2. Namun bukan berarti di trimester 3 jadi berkurang nafsu makannya. Karena kebutuhan kalori Bumil saat trimester 3 lebih banyak lagi dari trimester 2. Yaitu bertambah sebanyak 450 kalori.
      Meski begitu, secara prinsip di usia kehamilan berapapun berat badan janin perlu dipantau. Agar berat badannya sesuai dengan usia kehamilan, tidak kurang dan juga tidak berlebih.
      Bumil di luar sana mungkin bertanya-tanya, memang sebenarnya perlu menaikkan berapa berat badan ketika hamil? Jawabannya terbagi menjadi tiga.
      – Jika sebelum hamil berat badannya termasuk kategori kurang (underweight) atau misal hamil kembar, maka berat badan yang perlu bertambah sekitar 16-20 kg saat hamil.
      – Jika sebelum hamil berat badannya termasuk kategori normal, maka berat badan yang perlu bertambah sekitar 11-16 kg saat hamil.
      – Yang terakhir, jika sebelum hamil berat badannya termasuk kategori berlebih (overweight), maka berat badan yang perlu bertambah hanya sekitar 4-9 kg saat hamil.
      Lalu, bagaimana jika nafsu makannya terus meningkat dan berisiko membuat janin memiliki berat badan yang berlebih? Tipsnya adalah dengan makan sedikit namun sering. Dan direkomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan daripada makanan manis dan tidak sehat yang lain.
@samdamedika nafsu makan berubah saat hamil #gejalahamil #bundahamil #hamil2bulan #hamilsehat #fyp #perubahanbumil #nafsumakan ♬ FEEL THE GROOVE – Queens Road, Fabian Graetz

Bagaimana Cara Meningkatkan Nafsu Makan?

Bumil yang sering mengalami mual dan mengalami penurunan nafsu makan akan bertanya-tanya, bagaimana cara meningkatkan nafsu makan?

  1. Mengonsumsi Vitummy
    Apakah Bumil sudah pernah mendengar produk Vitummy? Vitummy adalah produk madu herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan alami yang dimaksud yaitu:
    – Madu
    Kandungan yang ada di dalam madu membantu tubuh dalam melawan infeksi dan mengandung antioksidan yang tinggi.
    – Pepaya
    Pepaya juga mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa membuat saluran pencernaan lebih lancar serta daya tahan tubuh meningkat.
    – Bawang putih
    Begitupun dengan bawang putih, mengandung antioksidan yang tinggi.
    – Temulawak
    Kandungan yang ada di dalam temulawak bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan.
    Kandungan yang ada di bahan tersebut menghasilkan banyak manfaat bagi tubuh.
    Beberapa manfaatnya yaitu membuat nafsu makan meningkat, membuat daya tahan tubuh meningkat, membuat saluran pencernaan jadi lancar, memenuhi kebutuhan energi tubuh harian, dan bahkan bisa mengatasi masalah pencernaan seperti cacingan.Vitummy sudah terbukti aman untuk dikonsumsi oleh berbagai usia termasuk ibu hamil. Produk ini sudah terdaftar dalam BPOM dan juga sudah mendapat verifikasi halal.
    Jadi tunggu apa lagi? Mari mulai mencoba konsumsi Vitummy!
    usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat
  2. Makan sedikit namun sering
    Ketika Bumil merasa mual, maka solusi yang bisa dilakukan adalah makan dengan jumlah sedikit namun sering. Hal ini bisa membuat kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi walau mual.
  3. Menghindari makan makanan manis
    Agar rasa mual berkurang, Bumil disarankan untuk menghindari makanan manis. Dianjurkan untuk memilih buah-buahan karena bisa membuat rasa mual berkurang dan baik juga untuk kesehatan tubuh.

Itulah berbagai cara untuk meningkatkan nafsu makan. Bagaimana Bumil, apakah pertanyaan “Usia kehamilan berapa nafsu makan meningkat?” sudah terjawab dengan jelas?

Semoga membantu, ya Bumil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?