Obat Cacingan untuk Dewasa dan Anak-anak yang Ampuh

Obat Cacingan

Sesuai dengan namanya, obat cacingan memiliki manfaat untuk membasmi parasit cacing dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan. Selain itu, obat ini juga mencegah makanan yang dikonsumsi, dimakan oleh cacing-cacing sehingga nutrisinya sampai ke tubuh dengan baik.

Cacingan sendiri sejenis penyakit infeksi karena berbagai jenis cacing, seperti cacing kremi, cacing pita, cacing tambang, hingga cacing gelang. Biasanya penyakit cacingan ini lebih sering menyerang anak-anak, bisa juga pada sebagian orang dewasa yang kurang menjaga kebersihan diri, seperti malas mencuci tangan.

Beberapa jenis keluhan untuk penyakit pencernaan yang satu ini adalah sering sakit perut, berat badan yang kian menurun atau sulit naik, gatal pada bagian dubur, hingga keluar cacing dari dubur. Penggunaan obat untuk penyakit ini berguna untuk mencegah adanya gejala yang lebih lanjut. Di beberapa kondisi, obat cacing juga bisa berguna untuk mencegah adanya penyakit ini.

Obat Cacingan
istockphoto.com

Tentang Obat Cacingan

Ascariasis atau cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang umum di Indonesia. Penyebab utama dari penyakit ini adalah infeksi cacing dalam tubuh manusia yang ditularkan melalui tanah. Ada juga beberapa penyebab lain, seperti jarang menjaga kebersihan, faktor lingkungan, serta makan sembarangan dan kurang terjaga kebersihannya.

Umumnya, penyakit ini banyak menjangkit anak-anak yang masih aktif bermain di alam liar. Bahkan, orang dewasa juga bisa mengalaminya karena faktor pola hidup yang kurang bersih.

Penyakit ini seringkali disertai dengan beberapa gejala, seperti diare, nyeri pada bagian perut, rasa gatal pada bagian dubur, mual, hingga muntah.

Cacingan juga termasuk dalam kategori masalah kesehatan yang cukup serius karena dapat menyebabkan turunnya kondisi kesehatan, kecerdasan, gizi hingga produktivitas. Di Indonesia, penyakit cacingan menjadi masalah kesehatan paling banyak setelah malnutrisi.

Penyakit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat cacingan. Jenis dari obat cacing ini terbagi sesuai dengan kandungan yang berbeda untuk jenis cacing yang menginfeksi.

Pilihan Jenis Obat Cacingan yang Ampuh dan Efektif

Adapun beberapa pilihan obat cacing yang ampuh dan efektif untuk membasmi cacing dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut:

Vermoran Tablet

Vermoran Tablet merupakan jenis obat cacingan yang memiliki kandungan mebendazole. Kandungan ini mampu mencegah cacing untuk menyerap gula dalam tubuh sebagai sumber makanan utamanya. Lama kelamaan cacing tidak akan mati karena tidak adanya sumber makanan dan keluar bersama feses.

Vermoran Tablet ini berbentuk tablet kunyah yang dapat dikonsumsi oleh anak usia 5 tahun ke atas dan orang dewasa dengan dosis satu kali setiap minum. Agar tablet ini bekerja dengan baik, maka kunyah terlebih dahulu sebelum menelannya. Vermoran Tablet bisa didapatkan dengan atau tanpa resep dokter.

Combantrin Tablet

Jenis obat untuk cacingan yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang. Combantrin Tablet memiliki kandungan pirantel pamoat yang bekerja untuk melumpuhkan cacing penyebab infeksi serta mengeluarkannya melalui feses.

Obat cacingan ini tersedia dalam bentuk tablet ukuran 125 mg atau 250 mg. Untuk orang dewasa, dosis meminumnya adalah 1-2 tablet sekali minum. Sedangkan, untuk anak-anak usia 12 tahun ke bawah dosis pemberiannya adalah 1/2-1 tablet dalam sekali minum.

Cara mengkonsumsinya adalah menelan langsung tanpa dikunyah dengan bantuan air putih sebelum atau sesudah makan. Combantrin Tablet bisa dibeli meski dengan atau tanpa anjuran dokter.

Combantrin Suspensi

Combantrin Suspensi adalah jenis obat cacing berbentuk sirup yang mengandung 125 mg pirantel pamoat pada setiap 5 ml cairannya. Kandungan ini berperan untuk melumpuhkan cacing dan membantu mengeluarkannya melalui feses.

Obat cacingan ini tersedia dalam kemasan 10 ml. Untuk orang dewasa takaran mengkonsumsinya adalah 3-4 sendok takar sekali minum. Sementara untuk anak-anak usia 3-4 tahun, takaran mengkonsumsinya adalah 2-3 sendok takar. Anak usia 2-6 tahun bisa mengkonsumsinya sebanyak 1-2 sendok takar sekali minum. Sama seperti obat cacing sebelumnya, siapa saja bisa mendapatkan obat cacing ini dengan atau tanpa resep dokter.

Albendazole Tablet Kimia Farma

Setiap tablet obat cacing Albendazole Tablet mengandung 400 mg albendazole. Dengan kandungan ini Albendazole Tablet dapat mencegah cacing untuk menyerap gula dalam tubuh. Pada akhirnya cacing tidak akan bertahan hidup atau mati dan keluar bersamaan dengan sisa makanan atau feses.

Albendazole Tablet bisa langsung ditelan dengan bantuan air putih. Namun, untuk mendapatkannya konsumen harus memiliki resep dokter dan mengkonsumsinya sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, ibu hamil dan menyusui, tidak boleh mengkonsumsi obat cacingan ini apapun keadaannya.

Vermox Tablet

Sama dengan Vermoran Tablet, Vermox Tablet juga mengandung mebendazole pada setiap tabletnya. Cara kerja kandungan ini pun sama, yaitu dengan cara mencegah cacing untuk menyerap sumber makanannya. Kemudian membiarkannya mati dan keluar bersamaan dengan feses.

Cara mengkonsumsinya bisa langsung menelan menggunakan bantuan air putih atau mengunyahnya terlebih dahulu. Obat ini khusus untuk anak usia 5 tahun ke atas dan orang dewasa dengan takaran 1 tablet setiap minum.

Obat Alami untuk Cacingan

Selain obat-obatan tersebut, berikut ini beberapa obat alami untuk mengatasi infeksi cacingan:

Nanas

Kandungan dalam obat cacingan bisa saja menyebabkan alergi untuk beberapa orang. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan mengonsumsi obat cacing alami seperti nanas ini. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang mampu mengatasi penyakit cacingan. Selain itu, obat ini lebih mudah didapatkan dimana saja tanpa harus menggunakan resep dokter.

Minyak Kelapa

Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni adalah obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Minyak kelapa ini memiliki sifat antibakteri, antivirus dan juga anti parasit sehingga bagus untuk membasmi cacing dalam tubuh.

Vitummy

Vitummy merupakan vitamin berbentuk madu herbal yang memiliki kandungan Selenium Silver Pro sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin ini mampu mengurangi atau mencegah infeksi cacing yang memicu cacingan dalam tubuh. Hal ini karena Vitummy memiliki kandungan ekstrak daun bawang putih yang berperan untuk membasmi cacing dalam tubuh.

Berkat kandungan Selenium Silver Pro akan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, mengkonsumsi Vitummy secara rutin akan membantu untuk melancarkan pencernaan, mendukung pertumbuhan energi harian hingga mendukung tumbuh kembang anak.

Itulah beberapa obat cacingan yang dapat menjadi pilihan atau alternatif untuk mengatasi infeksi cacing dalam tubuh. Baik obat cacing tablet maupun alami, semuanya baik untuk mencegah dan mengurangi berbagai penyebab timbulnya penyakit yang menyerang pencernaan satu ini.

Upaya lain seperti menjaga pola hidup bersih dan kebersihan diri juga menjadi penting untuk mengoptimalkan kinerja obat cacingan tersebut. Usahakan selalu membersihkan diri atau mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Hal ini berguna untuk mencegah adanya bakteri atau kuman yang bisa menimbulkan penyakit cacingan akibat infeksi cacing dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?