10 Jenis Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga untuk menurunkan berat badan dapat membantu diet dengan cara yang sehat. Menjalankan diet sehat memang sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Beberapa orang mungkin cenderung mengurangi porsi makan secara ekstrem dalam upaya diet. Namun, penting untuk diingat bahwa mengurangi porsi makan atau bahkan tidak makan sama sekali bukanlah metode diet yang aman.

Melakukan cara seperti ini tidak memberikan berat badan ideal, bahkan dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Selain itu, penting untuk memasukkan olahraga rutin dalam proses penurunan berat badan Anda untuk hasil yang lebih sehat dan berkelanjutan.

Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan
unsplash.com

Jenis-Jenis Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Selain memperhatikan asupan makanan, diet yang sehat adalah dengan memasukkan olahraga rutin sebagai salah satu caranya.

Olahraga secara teratur memiliki peran penting dalam membakar lemak, termasuk lemak di area perut. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk menguatkan otot yang mungkin menjadi lemah, menjaga kebugaran tubuh, mengurangi risiko berbagai penyakit, memperkuat tulang, melindungi sendi, dan mencegah masalah kognitif.

Berikut adalah beberapa opsi olahraga ringan yang dapat Anda lakukan selama menjalani program diet:

1. Jalan Kaki

Rekomendasi olahraga untuk menurunkan berat badan pertama adalah jalan kaki. Siapa sangka, olahraga aerobik ringan seperti berjalan kaki ternyata efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin.

Anda bisa berjalan kaki di berbagai tempat, kapan saja. Misalnya, saat berbelanja di pasar, bersantai di mal, atau dalam perjalanan ke kantor dari halte atau stasiun.

Hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, tubuh dapat membakar kalori sebanyak 167 kkal. Jika aktivitas ini menjadi kebiasaan, kamu dapat menambah durasi berjalan kaki.

Berdasarkan penelitian di MDPI Journals, berjalan kaki dapat menurunkan lemak total dan lemak perut pada perempuan pascamenopause. Olahraga aerobik sederhana seperti berjalan kaki merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan berat badan stabil setelah masa menopause.

2. Jogging

Jogging atau lari pelan dapat membakar kalori tubuh sebanyak 300 sampai 700 kkal dalam waktu 30 menit, tergantung pada kecepatan dan intensitasnya. Seperti halnya jalan kaki, melakukan jogging secara teratur setiap hari diperlukan untuk merasakan manfaatnya pada tubuh.

3. Berenang

Salah satu rekomendasi olahraga untuk menurunkan berat badan yang sangat baik adalah berenang. Meskipun dilakukan di air dan terasa tidak membuat tubuh banyak berkeringat, berenang dapat membakar sejumlah besar kalori.

Sebagai contoh, berenang dengan gaya kupu-kupu selama sekitar 30 menit dapat membakar sebanyak 409 kkal. Dalam waktu sama, berenang gaya punggung serta gaya dada menyumbang kalori masing-masing sebesar 298 kkal serta 372 kkal.

Tidak hanya efektif untuk membakar kalori, berenang juga menjadi jenis olahraga aerobik yang disarankan bagi mereka yang memiliki masalah sendi atau mengalami cedera.

4. Angkat Beban

Olahraga angkat beban memiliki manfaat meningkatkan massa otot dan juga efektif dalam pembakaran kalori. Namun, latihan ini sebaiknya disesuaikan dengan batas kemampuan dan kondisi tubuh. Khususnya, apabila Anda mempunyai riwayat sakit tertentu.

Sebelum memulai rutin latihan angkat beban, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keamanan dan kesesuaian dengan kondisi kesehatan Anda.

5. Bersepeda

Salah satu pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan lainnya adalah bersepeda. Bersepeda menjadi jenis olahraga yang semakin populer belakangan ini. Tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, bersepeda juga dapat dilakukan menggunakan sepeda statis di dalam rumah.

Bersepeda di luar ruangan selama sekitar 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 280 hingga 360 kalori. Sementara itu, penggunaan sepeda statis dalam durasi yang sama dapat membakar kalori tubuh sebanyak 250 hingga 280 kalori.

6. Senam

Senam aerobik menuntut gerakan tubuh dalam tempo lebih cepat. Sehingga, meningkatkan denyut jantung, dan pernapasan, memastikan kinerja jantung untuk memompa darah secara optimal. Musik yang mendukung juga dapat meningkatkan semangat Anda selama bergerak.

Penelitian pada orang dengan obesitas, yang dipublikasikan dalam jurnal Obesity, menunjukkan bahwa olahraga untuk menurunkan berat badan ini efektif dalam membantu penurunan berat badan.

Setelah melakukan senam selama 5 hari setiap minggu selama sekitar 10 bulan, terjadi penurunan berat badan sekitar 4,3 hingga 5,6 persen, dengan kehilangan rata-rata 400 hingga 600 kalori.

7. Olahraga Kickboxing

Kickboxing merupakan jenis olahraga yang sangat populer, terutama di kalangan anak muda. Selain efektif membakar kalori, olahraga untuk menurunkan berat badan ini, yang termasuk dalam kategori seni bela diri, juga dapat menjadi cara untuk menyalurkan emosi dan agresivitas.

Dalam sesi latihan kickboxing selama 50 menit, dapat membakar antara 430 hingga 600 kalori. Pembakaran kalori ini tidak hanya terbatas pada saat menggunakan peralatan pelindung saja, tergantung pada struktur kelas, pembakaran kalori dapat berlanjut bahkan selama istirahat. Terutama jika kelas menerapkan sistem pemanasan dengan interval intensitas tinggi.

8. High-Intensity Interval Training (HIIT)

HIIT adalah bentuk latihan fisik yang melibatkan periode latihan dengan intensitas tinggi yang diikuti oleh periode istirahat singkat. Olahraga untuk menurunkan berat badan ini efektif membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat, termasuk membentuk bagian perut.

9. Zumba

Zumba merupakan pilihan latihan aerobik yang menyenangkan. Dengan gerakan dinamis dan diiringi musik, Anda akan merasa seperti sedang berhibur daripada melakukan olahraga.

Dalam satu jam sesi zumba, Anda dapat membakar antara 300 hingga 900 kalori, tergantung seberapa besar usaha dan semangat yang Anda tanamkan dalam gerakan. Melakukan zumba minimal 2–3 kali seminggu, dikombinasikan dengan latihan kekuatan dan pola makan yang tepat, dapat membantu mencapai target penurunan berat badan secara efektif.

10. Skipping Rope

Skipping rope atau loncat tali adalah metode efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Aktivitas ini melibatkan berbagai kelompok otot tubuh dan dapat dilakukan baik di dalam rumah maupun di luar ruangan. Disarankan untuk memulai latihan dengan intensitas yang rendah dan secara perlahan meningkatkannya seiring waktu.

Beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan tersebut diatas dapat Anda lakukan sambil menjaga kesehatan dengan cara yang aman. Selalu prioritaskan kesehatan diri dan keluarga dengan mengonsumsi makanan sehat. Jangan lupa untuk menambahkan produk kesehatan berkualitas guna menjaga kesejahteraan Anda dan keluarga.

Weight Herba: Susu Kesehatan

Selain melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan, minum Weight Herba juga direkomendasikan. Weight Herba merupakan produk susu yang dirancang khusus untuk mendukung kesehatan diri dan keluarga. Dengan formula yang unik dan kaya akan nutrisi, Weight Herba tidak hanya memberikan dukungan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh. Tetapi juga dapat menjadi bagian integral dari program diet yang lebih sehat.

Produk ini mengandung berbagai nutrisi esensial seperti protein, vitamin, dan mineral yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan energi, serta memastikan tubuh mendapatkan asupan gizi yang cukup. Weight Herba juga dirancang untuk membantu pengguna dalam mencapai tujuan penurunan berat badan dengan cara yang sehat.

Dengan konsumsi teratur, Weight Herba dapat menjadi bagian penting dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Produk ini tidak hanya memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi juga dapat menjadi teman setia dalam perjalanan menuju gaya hidup lebih sehat.

Selain itu, Weight Herba diolah dengan standar kualitas tinggi untuk memastikan keamanan dan keefektifan konsumsi. Jadi, pilihlah Weight Herba sebagai solusi nutrisi sehat dan dukungan olahraga untuk menurunkan berat badan yang aman untuk seluruh keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?