Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Cek Di sini

Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Pertanyaan semacam ini mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering dipikirkan oleh banyak orang. Namun, terkadang ada beberapa orang yang hanya menerka-nerka jawabannya saja.

Lantas, apakah benar tidur lebih awal dapat menyebabkan kenaikan berat badan? Mari kita telaah beberapa fakta terkait apakah begadang bisa menurunkan berat badan di bawah ini! Pastikan untuk tidak terpengaruh oleh informasi yang mungkin tidak akurat, ya.

Proses penurunan berat badan ternyata tidak sebegitu sederhana seperti yang mungkin terpikirkan. Diperlukan pemeliharaan pola makan dan kestabilan pola tidur harian. Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh mendapatkan kualitas tidur sebanyak 7-8 jam setiap malamnya.

Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan
pixabay.com

Apakah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Jawabannya

Berat badan memang menjadi salah satu PR bagi banyak orang. Ada orang yang bermasalah dengan kelebihan berat badan maupun kekurangan berat badan. Bahkan ada juga yang mati-matian mempertahankan berat badan idealnya.

Untuk itu, hal-hal yang berkaitan dengan berat badan biasanya akan mendapatkan atensi lebih. Salah satunya terkait begadang yang bisa menurunkan berat badan. Mengingat, saat ini banyak sekali orang yang ‘harus’ begadang.

Biasanya hal itu terkait dengan tugas kuliah, pekerjaan, pola hidup yang kurang teratur, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, begadang dan berat badan ini mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang yang sering begadang dan masih bermasalah dengan berat badan.

Lalu apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Berikut adalah jawaban yang bisa didapatkan.

Tidak Berhubungan Secara Langsung

Dilansir dari Alodokter, merangkum jawaban dari dr. Nadia Nurotul Fuadah, bahwa penurunan berat badan akibat begadang ini sebenarnya tidak berhubungan secara langsung. Dalam kata lain, begadang tidak serta merta membuat seseorang menjadi turun berat badannya secara langsung.

Jadi, apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Jawabannya mungkin bisa namun memang tidak berhubungan secara langsung.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang mengalami penurunan berat badan. Misalnya, pembakaran kalori yang berlebihan ketika begadang dan tidak diimbangi dengan asupan makanan yang seimbang pastinya akan memicu turunnya berat badan.

Ada yang lebih buruk dari hal tersebut. Akibat begadang biasanya akan membuat tubuh mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal itu terjadi biasanya dikarenakan kelelahan saat begadang.

Akibat dari menurunnya sistem kekebalan tubuh ini menjadikan seseorang mudah sakit. Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab seseorang mengalami penurunan berat badan secara drastis. Jadi, memang tidak secara langsung karena ada banyak tuntutannya.

Obesitas atau Kegemukan

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Hal yang biasa terjadi adalah kegemukan. Biasanya orang-orang yang sering begadang akan mengalami kegemukan atau obesitas.

Jika dilihat, hal ini pastinya akan berbanding terbalik. Hal ini pastinya juga memiliki alasan tersendiri. Kebiasaan begadang biasanya akan memicu rasa lapar berlebih.

Akibatnya, seseorang akan selalu merasa lapar dan terus-terusan makan di malam hari. Nah, hal inilah yang membuat begadang akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Yakni, karena saat begadang memicu rasa lapar yang berlebih.

Tinggi dan Berat Badan

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Pertanyaan ini memang tidak bisa dijawab dengan jawaban iya maupun tidak. Mengingat, ada banyak alasan atau penyebab di belakangnya.

Namun, sudah diketahui apa yang bisa menyebabkan berat badan turun. Begadang memang menjadi salah satu pemicu namun ada catatan tertentu. Tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk pastinya tidak akan baik.

Nah, berat badan yang ideal itu berapa? Sebelumnya pastinya harus mengetahui berat badan ideal itu berapa. Cara mengetahui berat badan yang ideal adalah dengan mengetahui IMT atau Indeks Massa Tubuh.

Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya cukup mudah untuk dilakukan. Yakni dengan menghitung IMT = berat badan (kg) : [tinggi badan (m)] kuadrat. Dengan menghitung itu akan diketahui berapa IMT seseorang.

IMT ini diklasifikan menjadi beberapa tingkatan. Berikut ini adalah singkatan dari IMT:

  1. Berat badan kurang (underweight): ≤ 18,49 kg/m².
  2. Berat badan normal (ideal): 18,5–24,9 kg/m².
  3. Berat badan berlebih (overweight): > 25–27 kg/m².
  4. Obesitas: > 27 kg/m².

Nah, itulah cara untuk mengetahui berapa IMT dan masuk kategori mana. Dengan mengetahui ini pastinya seseorang bisa lebih mudah mengatur pola hidup, yaitu harus melakukan apa ketika IMTnya berapa.

Sebab Lain Penurunan Berat Badan

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Secara tidak langsung begadang memang berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Namun, juga masih banyak sekali faktor lain yang bisa menyebabkan turunnya berat badan. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

  1. Asupan makanan yang kurang
  2. Depresi dan gangguan mental lainnya
  3. Gangguan saluran pencernaan, misalnya karena infeksi parasit (cacingan), penyakit Crohn
  4. Diabetes (gula darah tinggi)
  5. Tuberkulosis (flek paru)
  6. Hipertiroidisme (hiperaktivitas kelenjar tiroid)
  7. Kanker (tumor ganas)
  8. HIV/ AIDS
  9. Bronkitis kronis(radang bronkhus), dsb

Untuk mengetahui apakah begadang bisa menurunkan berat badan, Jika dilihat dari penyebab diatas pastinya sudah bisa disimpulkan bahwa penyebab turunnya berat badan apalagi secara drastis cukup banyak. Untuk itu, perlu ditinjau kembali penyebab turunnya berat badan seseorang. Apakah murni dari begadang saja atau dari yang lainnya.

Dari beberapa penyebab di atas diantaranya ada yang bisa dicegah. Mungkin, yang lain juga bisa dicegah. Ketika bisa melakukan pencegahan pastinya akan lebih baik jika melakukan pencegahan sejak sekarang.

Dengan begitu, tidak akan mengalami yang namanya penurunan berat badan secara drastis. Pastinya, tubuh juga akan menjadi lebih sehat.

Cara Menaikan Berat Badan

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Jika memang merasa begadang menurunkan berat badan pastinya hal itu harus dihindari. Sehingga tidak akan mengalami kekurangan berat badan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikan berat badan. Yakni, seperti berikut ini.

  1. Tentukan target penurunan berat badan yang realistis (contohnya, 0,5 hingga 1 kg per minggu)
  2. Hindari begadang terlalu sering
  3. Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak juga makanan tinggi kalori
  4. Biasakan makan dengan teratur dengan porsi sedang tapi sering
  5. Selingi 2 waktu makan dengan camilan sehat (buah atau bisa juga cookies tanpa pengawet)
  6. Hindari stres berlebih
  7. Olahraga teratur, misalnya angkat beban, renang, basket dan lain sebagainya.

Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi suplemen. Salah satu suplemen yang bisa dipilih adalah Weight Herba. Suplemen yang satu ini bisa digunakan untuk membantu berat badan naik.

Weight Herba adalah produk susu yang dirancang khusus untuk mendukung kesehatan individu dan keluarga. Dengan formula unik dan kaya nutrisi, Weight Herba tidak hanya menyediakan dukungan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh, tetapi juga dapat menjadi bagian integral dari program diet yang lebih sehat.

Produk ini mengandung berbagai nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan energi, serta memastikan asupan gizi yang memadai untuk tubuh. Weight Herba juga dikembangkan untuk membantu individu mencapai tujuan menambah berat badan secara sehat.

Dengan mengonsumsi Weight Herba secara teratur, produk ini dapat menjadi komponen kunci dalam upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain memberikan nutrisi yang diperlukan, Weight Herba juga dapat menjadi mitra setia dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Pertanyaan ini pastinya sudah terjawab dan yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang memicu penurunan berat badan secara tidak sehat. Untuk itu, kegiatan buruk seperti begadang memang harus dihindari.

Tidak cukup hanya dengan menghindarinya saja. Melainkan, juga harus melakukan pola hidup sehat. Dengan begitu, akan mendapatkan berat badan yang ideal dan pastinya juga tetap sehat karena kesehatan menjadi hal yang sangat penting.

Apakah begadang bisa menurunkan berat badan? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Hal itu harus disesuaikan dengan keadaan masing-masing orang. Namun, yang perlu diketahui begadang memang tidak baik untuk dilakukan karena memang tidak baik untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?