10 Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 kg

Ada berbagai cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg yang efektif dan bisa dicoba. Namun, untuk melakukannya diperlukan perencanaan baik, program sesuai, dan disiplin menjalaninya. Dengan demikian, tidak hanya berat badan ideal bisa dicapai, tetapi juga memperoleh tubuh sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan 60 Kg Menjadi 45 Kg

Penambahan berat badan yang terjadi secara singkat bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Naik turun berat badan seseorang tergantung dengan jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar saat tubuh beraktivitas. Apabila asupan kalori berlebih tidak diimbangi dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dapat membuat berat badan naik.

Sebab, kalori yang tidak terpakai akan tersimpan dalam tubuh sebagai lemak. Karena itu, perlu untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori dan memperbanyak aktivitas fisik. Hal ini dilakukan supaya tubuh dapat memecah lemak dengan menjadikannya energi.

Bagaimana Berat Badan Bisa Naik Drastis?

Berat badan yang bertambah secara drastis dalam waktu singkat bisa terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari diet tidak seimbang, stress, konsumsi alkohol, penggunaan obat, inaktifitas fisik, hingga gangguan medis tertentu. Misalnya gangguan jantung, gangguan pada ginjal, dan lain sebagainya.

Selain itu, faktor gaya hidup sehat sehari-hari juga mempengaruhi. Bila di kesehariannya gaya hidup kurang atau tidak sehat, maka sudah pasti berat badan akan naik tanpa disadari. Terutamanya mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat. Pola hidup seperti itu harus mulai diubah sedikit demi sedikit dengan yang lebih sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan

Dalam prosesnya, ada beberapa cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg. Secara medis, penurunan berat badan bisa dilakukan secara bertahap tetapi tetap konsisten. Bisa mulai dari 0,5 hingga 1 kg per minggunya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target berikut.

Menentukan Target Berat Badan

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat memiliki niat diet adalah menentukan target penurunan berat badan yang ingin dicapai. Apabila ini pertama kalinya melakukan diet, usahakan tidak terlalu menyiksa tubuh. Karena itu bisa membuat target secara bertahap.

Dengan menetapkan target, berat badan tidak akan kaget dan kemungkinan besar penurunan berat badan berhasil. Cara ini dapat menghindari gangguan kesehatan akibat target diet yang terlalu ekstrim, seperti diare, malnutrisi, atau konstipasi.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Mungkin ada beberapa orang yang mengira bahwa mengonsumsi air putih sesuai takaran harian itu dapat membuat gemuk. Padahal, minum air putih sebelum dan sesudah makan dapat menahan nafsu secara berlebih. Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg ini dapat membuat cepat kenyang, sehingga asupan kalori yang masuk dalam tubuh dapat berkurang.

Tidak hanya itu saja, salah satu tanda dehidrasi terkadang menyerupai lapar. Karena itulah dianjurkan untuk minum segelas air saat lapar. Minum air putih sesuai takaran per hari dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan tubuh tidak akan merasa lemas.

Menerapkan Pola Makan Secara Teratur

Pola makan yang teratur dapat merangsang tubuh dan otak untuk hanya makan di waktu yang telah ditentukan. Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg ini bisa dengan membiasakan diri makan teratur sebanyak 3 kali. Di waktu sela bisa mengonsumsi cemilan sehat supaya tidak makan berlebihan di waktu selanjutnya.

Mengelola Stress

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg selanjutnya adalah dengan mengelola stress. Saat seseorang sedang stress lebih cenderung ingin makan banyak dan yang manis-manis. Hal tersebut karena tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Supaya berat badan tidak naik, mengelola stress masuk dalam pertimbangan penting. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan berbagai kegiatan yang disukai. Misalnya seperti berolahraga, mendengarkan musik, bermeditasi, yoga, dan melakukan teknik relaksasi lainnya.

Memperbanyak Asupan Serat dan Protein

Menambahkan asupan serat dalam porsi makan dapat menjadi cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg. Karena asupan serat dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga tidak akan merasa perlu makan banyak. Makanan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sementara itu, perlu juga untuk menambah porsi protein yang dapat mengendalikan hormon nafsu makan. Selain serat, protein juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama karena memicu rasa kenyang, seperti peptida YY, GLP-1, dan kolesistokinin.

Menghindari Minuman Manis

Minuman manis mengandung kalori tinggi yang akan membuat berat badan naik dengan mudah. Apabila ingin minum minuman manis, bisa dengan mengganti asupan gula dengan gula stevia. Supaya lebih sehat lagi bisa mengonsumsi jus buah tanpa gula. Batasi untuk konsumsi kafein dan alkohol.

Olahraga Secara Rutin

Salah satu faktor penting dalam program menurunkan berat badan adalah olahraga. Bisa berbagai jenis olahraga, seperti berenang, bersepeda, dan latihan angkat beban. Olahraga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga kalori yang dibakar lebih banyak.

Bila masih sulit berolahraga, pilih jenis olahraga ringan dan yang disukai. Lakukan secara rutin dan seimbangkan dengan pola makan. Bila memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang cocok. Sehingga cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg ini bisa berjalan dengan baik.

@ilhamstaro Turun berat badan tanpa berlari‼️ Lakukan 4 gerakan ini secara rutin minimal seminggu 3 kali. Ikuti juga dengan defisit kalori minimal 200kal perhari & cukupi juga kebutuhan protein harian untuk tubuh dijamin berat badan akan cepat turun🤜🏻🤛🏻 Yang terpenting adalah bentuk kebiasaan kamu untuk berolahraga. Small progress is still progress🔥 Jangan lupa disave ya biar gak lupa✅ #olahragabarengstaro ♬ suara asli – ひびき – 光

Istirahat dengan Cukup

Rasa lelah dan tidak bertenaga karena kurang tidur menjadi salah satu penyebab seseorang enggan beraktivitas, terutama berolahraga. Kurang istirahat juga bisa memicu peningkatan produksi ghrelin, yakni hormon yang menimbulkan lapar. Cukupi tubuh dengan tidur setidaknya 7-9 jam setiap hari supaya berat badan tidak naik lagi.

Makan Lebih Lambat

Hindari untuk makan terlalu cepat karena bisa menyumbang lebih banyak kalori pada tubuh. Makan dengan cepat juga bisa membuat tubuh tidak sadar akan munculnya sinyal rasa kenyang. Sebagai solusinya adalah dengan makan lambat supaya tubuh dapat merasakan sinyal rasa kenyang.

Mengurangi Porsi Makan

Cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg selanjutnya adalah mengurangi porsi makan secara bertahap tetapi tetap makan teratur 2-3 kali sehari. Kurangi porsi karbohidrat perbanyak protein, serat, dan antioksidan. Kurangi konsumsi makanan ultra proses dan junk food, perbanyak makanan sehat. Bisa mulai belajar memasak supaya bisa lebih mengetahui kandungan di dalam makanan yang akan dimakan. Cara ini juga bisa menghemat pengeluaran untuk makan karena dalam 1 kali masak sendiri bisa untuk 2-3 kali makan.

Apabila cara menurunkan berat badan tersebut sudah terbiasa, maka bisa mencoba metode lain juga. Misalnya diet mayo, diet air putih, diet Ornish, diet DEBM, diet IF, atau diet Atkins. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan diet yang tepat.

Untuk mencapai berat badan yang diinginkan dan ideal dibutuhkan cara menurunkan berat badan 60 kg menjadi 45 kg seperti sudah disebutkan dan disiplin menjalaninya. Sebagai informasi, terdapat susu untuk menjaga kesehatan tubuh yakni Weight Herba. Weight Herba ini terbukti ampuh dalam membantu sistem metabolisme tubuh sekaligus mencegah timbulnya penyakit. Untuk harganya berkisan sekitar Rp 197 ribu-an. Merupakan susu tanpa gula, Weight Herba bisa menjadi teman dalam menjaga berat bada tetep ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?