5 Faktor yang Berpengaruh Terhadap Berat Badan Bayi 4 Bulan

5 Faktor yang Berpengaruh Terhadap Berat Badan Bayi 4 Bulan

Berat badan bayi 4 bulan biasanya akan mencapai 2 kali lipat dari berat badan bayi setelah dilahirkan. Kendati demikian, penting sekali untuk setiap orang tua melakukan pemantauan terhadap berat bayi saat usia 4 bulan. Hal itu karena pertambahan berat badan bayi adalah salah satu indikator dari perkembangan bayi telah optimal atau belum.

Bayi yang berusia 4 bulan, memiliki perkembangan yang bisa dilihat secara signifikan. Bayi akan mengalami pertumbuhan tinggi badan, perkembangan kemampuan motorik, serta akan mulai merespons pada sesuatu.

Pada usia ini, bayi akan mulai senang memberitahu dengan sejumlah ekspresi. Mulai dari tersenyum, tertawa, serta berceloteh. Bahkan bayi juga mulai dapat menggerakkan tangannya secara bersamaan, kemudian mencoba memasukkan tangan, kaki, ataupun objek lainnya ke dalam mulut. Perkembangan bayi pada usia 4 bulan juga harus diiringi dengan pertambahan berat badan yang sesuai standarnya.

5 Faktor yang Berpengaruh Terhadap Berat Badan Bayi 4 Bulan
id.pinterest.com

Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Dikatakan Normal

Perlu diketahui, bahwa bayi yang telah memasuki usia 4 bulan tentu akan mengalami peningkatan berat badan. Peningkatan tersebut kurang lebihnya 0,5 kg dari berat badan usia sebelumnya yaitu 3 bulan. Bayi dengan jenis kelamin laki-laki lebih condong mempunyai berat badan serta panjang yang lebih besar jika dibandingkan dengan bayi perempuan.

Untuk rata-rata berat badan bayi 4 bulan dengan jenis kelamin laki-laki kurang lebihnya antara 5,6-8,6 kg atau kilogram. Sementara untuk panjangnya berada di kisaran angka 60-67,8 cm. Mengenai berat badan bayi usia 4 bulan jenis kelamin perempuan biasanya memiliki berat badan sekitar 5,1 sampai 8,1 kg. Sedangkan untuk panjangnya kurang lebih 58 sampai 66,2 cm.

Perlu diketahui, berat badan bayi 4 bulan tentu tidak sama dari bayi satu dengan bayi yang lainnya. Hal itu dikarenakan adanya sejumlah faktor. Adapun faktor-faktor yang bisa menjadi pengaruh terhadap berat badan bayi 4 bulan antara lainnya sebagai berikut.

  • Bayi lahir dengan prematur
  • Kandungan nutrisi yang ada dalam ASI
  • Intensitas bayi ketika menyusu
  • Keadaan kesehatan bayi secara menyeluruh
  • Bayi yang lahir berasal dari orang tua kurus akan cenderung mempunyai berat badan kecil, begitupun juga sebaliknya.

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Berat badan bayi 4 bulan yang normal, tentu juga bisa berpengaruh terhadap perkembangannya. Di usianya yang 4 bulan bayi telah memulai mencoba mengenali lingkungan yang ada di sekitarnya menggunakan mata, mulut, telinga, atau caranya meraba. Nantinya bayi akan mulai memasukkan jari ke dalam mulut untuk bisa merasakan sebuah objek. Tidak hanya itu, bayi juga bisa mulai melihat sebuah objek dari kejauhan.

Ketika mengajak berbicara, bayi akan memperhatikan yang mengajaknya berbicara serta akan berusaha meniru, walaupun belum tampak jelas. Untuk mendukung perkembangan bayi, berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan.

  • Mengajak bayi untuk berinteraksi secara rutin
  • Membacakan dongeng atau menyanyikan lagu sembari menggendong bayi guna melakukan stimulasi penglihatan serta pendengarannya
  • Memberikan mainan yang mempunyai tekstur berbagai macam.

Di usia bayi 4 bulan, maka bayi mulai aktif untuk menjangkau sejumlah objek yang berada di sekitarnya. Kendati demikian, terdapat saran untuk menjauhkan benda-benda berbahaya yang bisa membuatnya terluka.

Berat badan bayi 4 bulan serta perkembangannya bisa menjadi acuan. Apabila pertumbuhan serta perkembangannya tidak sesuai dengan bayi seusianya, maka tidak perlu merasa khawatir, selama bayi masih menyusu secara baik, kemudian pertumbuhannya mengikuti kurva. Itu artinya, bayi tidak ada masalah kesehatan yang menyerangnya. Jika merasa pertumbuhan serta perkembangan bayi terasa terlambat, maka bisa dengan segera membawa bayi ke dokter supaya mendapatkan penanganan secara cepat.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi

Berat badan bayi umumnya akan naik dengan stabil untuk setiap bulannya bila menyusui dengan baik. Berat badan bayi 4 bulan akan bertambah sebanyak 560-800 gram untuk setiap bulannya (0-6 bulan). Sementara nanti jika sudah masuk usia 6-12 bulan berat badannya bisa mengalami kenaikan 340-560 gram untuk setiap bulannya. Jika berat badan bayi tidak bertambah, maka terdapat masalah yang menjadi penghambat kenaikan berat badan.

Berat badan bayi 4 bulan yang tidak bertambah, bahkan akan berkurang. Hal itu terjadi karena sejumlah penyebab. Contohnya karena jumlah ASI yang dikonsumsi kurang. Penyebab tersebut dapat terjadi saat bayi merasa malas untuk menyusu karena posisi menyusu yang tidak benar atau mengalami masalah mulut seperti luka atau sariawan.

Orang tua dapat mencoba berbagai macam usaha untuk bisa menaikkan berat badan bayi sampai batas normal. Cara tersebut terbilang mudah serta orang tua dapat menerapkannya setiap hari. Kendati demikian, berat badan akan meningkat semakin besar.

Mengonsumsi Weight Herba

Berat badan bayi 4 bulan tentu belum bisa dinaikkan dengan pemberian makanan pendamping selain ASI. Kendati begitu, jika nanti usianya sudah menginjak 2 tahun maka sudah bisa mengonsumsi suplemen atau susu untuk mendukung pertumbuhan berat badannya.

Bagi bayi yang telah berusia 2 tahun lebih, maka orang tua dapat memberinya Weight Herba. Produk Weight Herba sendiri merupakan susu untuk penambah berat badan. Bahan pembuatan susu tersebut dari susu kambing etawa serta bahan campuran lainnya. Adapun bahan alami tersebut seperti temulawak serta daun kelor. Mengonsumsi produk ini akan aman, sebab sudah terdaftar di BPOM serta telah mempunyai label Halal dari MUI.

Kandungan yang berada di dalamnya juga menggunakan bahan-bahan alami dengan rasa yang tetap enak dikonsumsi. Adapun bahan-bahannya seperti susu kambing etawa, temulawak, daun kelor.

Susu kambing Etawa mempunyai beberapa kandungan yang ampuh dalam meningkatkan berat badan. Diantaranya seperti vitamin A, vitamin E, karbohidrat, serat, lemak nabati zat besi serta kalsium.

Semua kandungan itu bisa didapatkan dalam sekali minum. Lain halnya ketika dengan mengkonsumsi beberapa makanan, yang mana belum tentu memberikan paket lengkap nutrisi seperti yang ada dalam susu kambing Etawa ini.

Untuk kandungan temulawak bisa meningkatkan nafsu makan. Rimpang ini sudah terbukti secara efektif dapat meningkatkan nafsu makan. Di samping itu, rimpang ini juga bisa mengatasi gangguan pencernaan, sehingga dapat mencerna makanan secara sempurna.

Kemudian daun kelor mendapatkan julukan menjadi makanan super oleh ahli kesehatan seluruh dunia. Mau makan sebanyak apapun selama diimbangi dengan suplemen ini tidak perlu khawatir jika kadar gula serta kolesterol akan meninggi. Manfaat lain dari suplemen dengan kandungan daun kelor adalah meningkatkan nafsu makan, memperbaiki metabolisme sistem pencernaan, memenuhi kebutuhan kalori dan juga asupan protein dalam tubuh.

Berat Badan Bayi Supaya Naik

Nah, bagi yang memiliki bayi, namun berat badan bayi 4 bulan tidak sesuai maka bisa menggunakan berbagai cara untuk menambah berat badannya. Salah satunya dengan cara memberikan ASI secara terus menerus dengan posisi yang benar. Jika ingin diberikan produk susu tambahan seperti Weight Herba, maka menunggu bayi sudah berusia 2 tahun lebih dulu. Untuk pertumbuhan serta perkembangan bayi terasa terlambat, maka bisa membawa bayi ke dokter supaya mendapatkan penanganan secara cepat dengan segera. Nantinya akan mendapatkan arahan bagaimana cara mengatasi secara tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?