9 Cara Ampuh Mengatasi Bruntusan di Wajah dengan Mudah di Rumah

Bruntusan

Bruntusan merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya sejumlah kecil benjolan kecil berwarna putih atau merah di permukaan kulit. Keadaan ini sering disertai dengan rasa gatal atau tidak nyaman pada area yang terkena.

Hal ini bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, dada, atau punggung, dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, kebersihan kulit yang kurang baik, atau reaksi terhadap produk perawatan kulit.

Meskipun tidak berbahaya, bruntusan seringkali menjadi masalah kulit yang mengganggu penampilan. Kondisi ini ditandai dengan adanya bintik-bintik merah kecil yang menonjol pada kulit, menciptakan permukaan kulit yang terasa kasar dan tidak rata. Untungnya, ada berbagai cara efektif yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkan bruntusan. Dengan perawatan yang tepat, kamu dapat kembali menikmati kulit yang halus dan bersinar tanpa hambatan dari bruntusan.

Cara Mengatasi Bruntusan di Rumah

  1. Mencuci Wajah dengan Air Dingin
    Mencuci wajah dengan air dingin atau suhu ruang dapat membantu meningkatkan aliran darah, memberikan perlindungan lebih pada kulit dari paparan radikal bebas yang dapat memicu bruntusan.
  2. Chemical Peeling
    Chemical peeling menggunakan asam glikolat dapat membantu menghilangkan bruntusan dengan cepat. Namun, perawatan ini sebaiknya dilakukan di rumah sakit atau klinik kecantikan oleh dokter spesialis kulit. Agar tidak salah langkagh dalam mengambil perawatan dan mencegah terjadinya iritasi pada wjaha.
  3. Rutin Membersihkan Kulit Tubuh dan Wajah
    Membersihkan kulit dan wajah secara rutin, terutama pada area yang terpengaruh. Hindari mandi terlalu lama, dan pastikan untuk mengeringkan tubuh dan wajah dengan baik setelah mandi.
  4. Gunakan Pelembap Bebas Minyak
    Oleskan krim pelembab bebas minyak pada kulit, terutama setelah mandi saat kulit masih lembab. Ini membantu mencegah kulit menjadi kering dan menghidrasi kulit.
  5. BruntusanEksfoliasi Kulit
    Lakukan eksfoliasi kulit dengan lembut menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan seperti asam alfa hidroksi, asam glikolat, retinoid, asam laktat, asam salisilat, atau urea. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati.
  6. Hindari Hal-hal yang Memperburuk Bruntusan
    Menghindari penggunaan pakaian yang ketat, serta jangan mencukur atau melakukan waxing di area kulit yang sedang bruntusan, karena hal ini dapat memperburuk kondisi kulit.
  7. Hindari Produk dengan Pewangi
    Menghindari produk perawatan kulit yang mengandung parfum atau pewangi, karena dapat memicu iritasi pada kulit.
  8. Masker Oatmeal
    Menggunakan oatmeal sebagai masker, karena memiliki sifat menenangkan pada kulit yang kering dan gatal. Masker oatmeal dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.
  9. Gunakan Pelembap Udara
    Jika memungkinkan, gunakan pelembap udara di rumah atau lingkungan tempat beraktivitas untuk membantu menghilangkan kemerahan akibat bruntusan di wajah.

Dengan mengikuti langkah- langkah diatas, bruntusan dapat diatasi dengan cepat dan kondisi kulit dapat membaik.
Namun, jika bruntusan membengkak atau memburuk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk perawatan lebih lanjut.

 

@qadizzaskincare.id Membalas @Anisaaa🕊 Beruntusan itu maknanya luas banget loh. Nah, kira kira penyebab beruntusan kamu karena apa yaa??? #drlely #qadizzaskincare ♬ suara asli – Qadizza by Dr. Lely Fauziah

Cara Menghindari Bruntusan pada Kulit Wajah

  1. Membersihkan Wajah Secara Teratur
    Mencuci wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari dengan pembersih yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Bersihkan secara lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati.
  2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Sesuai
    Anda bisa memilih produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit Anda. Hindari produk yang mengandung bahan kimia keras atau pewangi yang dapat menyebabkan iritasi.
  3. Hindari Pemakaian Produk yang Mengandung Minyak Berlebih
    Gunakan produk bebas minyak untuk mencegah pori-pori tersumbat dan produksi minyak berlebih yang dapat menyebabkan bruntusan.
    Baca juga : Ampuh Hilangkan Jerawat dan Noda Hitam
  4. Hindari Pemakaian Make-Up yang Berlebihan
    Jika menggunakan make-up, pastikan untuk membersihkannya sepenuhnya sebelum tidur. Pemakaian make-up berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan.
  5. Lindungi Kulit dari Paparan Matahari
    Gunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari, terutama jika Anda akan berada di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar UV dapat merusak kulit dan memicu masalah kulit seperti bruntusan. Namun untuk tabir surya atau sunscreen yang kita pakai harus sesuai tipe kulit agar tidak terjadi iritasi pada wajah.
  6. Hindari Sentuhan Tangan yang Tidak Perlu
    Hindari menyentuh wajah Anda secara berlebihan, terutama jika tangan Anda tidak bersih. Sentuhan tangan yang tidak perlu dapat memindahkan kuman dan kotoran ke wajah, sehingga dapat menyebabkan itritasi atau jerawat yang meradang.
  7. Jaga Kelembapan Kulit
    Gunakan pelembap yang cocok untuk jenis kulit Anda. Kulit yang terlalu kering atau terlalu berminyak dapat menjadi faktor pemicu bruntusan.
  8. BruntusanHindari Stress
    Stres dapat memengaruhi kesehatan kulit. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti olahraga, meditasi, atau hobi yang menyenangkan.
  9. Pilih Pakaian yang Bersahabat dengan Kulit
    Pilih pakaian yang lembut dan tidak menyebabkan gesekan berlebihan pada kulit. Hindari pemakaian pakaian yang terlalu ketat.
  10. Menerapkan Pola Hidup Sehat
    Pola hidup sehat, termasuk konsumsi makanan bergizi, cukup tidur, dan hidrasi yang baik, dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta kulit wajah anda sehingga tampak sehat alami.
  11. Konsultasi dengan Ahli Kulit
    Jika Anda memiliki masalah kulit yang persisten atau meradang dan parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Mereka dapat memberikan saran dan perawatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Dengan menjalankan langkah-langkah diatas secara konsisten, Anda dapat mencegah kemunculan bruntusan dan menjaga kesehatan kulit Anda secara keseluruhan di wajah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?