Apakah Jogging Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak 5 Upaya Menurunkan BB.

apakah jogging bisa menurunkan berat badan

Menurutmu, apakah jogging bisa menurunkan berat badan? Dan apakah anda termasuk ke dalam kategori yang memiliki berat badan kurang? Mari kita jawab dan juga membahas pertanyaan tersebut bersama sama.

Tentang Jogging

Sebelum menjawab pertanyaan “Apakah jogging bisa menurunkan berat badan?”, kita perlu membahas terlebih dahulu terkait jogging.

Jogging merupakan kegiatan yang digemari banyak orang. Selain karena mudah, jogging juga bisa dilakukan di sekitar rumah dan tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Jogging adalah jenis aktivitas fisik atau olahraga ringan berupa lari kecil dengan santai. Ketika jogging, tubuh bisa dapat banyak manfaat.

Olahraga apapun termasuk jogging bisa membuat kekencangan kulit terjaga dan bisa membuat kalori yang masuk berkurang.

Selain itu juga, ketika seseorang jogging bisa sekaligus menghirup udara segar, bisa sambil refreshing melihat lingkungan sekitar dan juga tentunya membuat badan sehat.

Apakah Jogging Bisa Menurunkan Berat Badan?

Mari mulai menjawab pertanyaan “Apakah jogging bisa menurunkan berat badan?”.

Rutin melakukan olahraga benar bisa membuat berat badan menurun, begitupun dengan jogging. Jika rutin melakukan jogging maka berat badan anda secara perlahan bisa menurun.

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah jika anda memiliki riwayat cedera kaki, maka harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dan jika berat badan anda termasuk dalam kategori obesitas, maka dianjurkan juga untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Apakah anda sudah mengetahui penurunan berat badan yang normal setiap minggunya berapa banyak? Setiap minggu nya penurunan BB yang normal adalah 0,5 kg sampai 1 kg.

Jadi kalau dilihat dalam rentang sebulan, penurunan BB yang normal adalah 2 kg sampai 4 kg. Lalu, bagaimana jika ada yang berhasil menurunkan berat badan secara drastis misalnya 2 kg dalam satu minggu?

Hal ini bisa membahayakan tubuh. Beberapa efek yang bisa timbul yaitu massa otot bisa menghilang, mengalami dehidrasi, bisa juga menimbulkan gangguan metabolisme tubuh dan sistem imunitas tubuh jadi berkurang.

Banyak sekali bukan, efek samping jika berat badan menurun secara drastis. Jadi, jika berat badan anda menurun perlahan itu adalah tanda baik ya.

Anda tidak perlu khawatir, yang penting tetap rutin berolahraga dan juga melakukan upaya upaya di bawah ini agar berat badan bisa menurun perlahan.

apakah jogging bisa menurunkan berat badan

Upaya Menurunkan Berat Badan

Setelah pertanyaan “Apakah jogging bisa menurunkan berat badan?” terjawab, sekarang saatnya membahas upaya agar berat badan bisa menurun. Ada beberapa hal yang disarankan, beberapa di antaranya yaitu:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Jumlah kalori yang masuk adalah hal yang harus diperhatikan agar berat badan bisa menurun. Ingat, kebutuhan kalori harus terpenuhi dan bukan berarti tidak makan.

Karena kalau kebutuhan kalori tidak terpenuhi juga bisa membuat badan lemas. Jadi anda perlu mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori harian atau bisa dengan berkonsultasi ke dokter.

Selain itu juga, anda perlu perbanyak memakan asupan protein dan juga sayuran. Ketika asupan protein dan sayur diperbanyak, maka perut akan terasa cepat kenyang.

2. Tidur dengan Waktu yang Cukup

Tidur dengan waktu yang cukup yaitu sekitar 8 jam per hari bisa membuat berat badan menurun. Mungkin anda bertanya tanya, lho kok bisa?

Karena jika jumlah waktu tidur kurang dari kebutuhan, bisa timbul berbagai efek seperti:

  • Mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • Bisa meningkatkan nafsu makan
  • Bisa meningkatkan selera untuk makan makanan dengan kandungan tinggi kalori
  • Membuat tidak bersemangat dan jadi malas untuk beraktivitas fisik atau olahraga

Efek efek di atas bisa membuat berat badan meningkat secara perlahan. Jadi usahakan untuk selalu tidur dalam waktu yang cukup ya.

3. Perbanyak Minum

Kalau anda minum 8 gelas per hari atau kebutuhan cairan terpenuhi, maka badan anda bisa terhidrasi dengan baik. Selain itu juga bisa membuat metabolisme tubuh meningkat dan menekan nafsu makan.

Ketika nafsu makan sudah tertekan, maka secara perlahan berat badan bisa menurun.

4. Mengelola Stres dengan Baik

Kondisi stres bisa memengaruhi kondisi fisik seseorang. Ketika stres bisa terkontrol dengan baik, maka kondisi fisik bisa tetap sehat bugar.

Begitupun sebaliknya. Ketika stres tidak terkontrol dengan baik, maka bisa muncul berbagai masalah kesehatan.

Itulah penjelasan dari pertanyaan “Apakah jogging bisa menurunkan berat badan” dan upaya upaya agar berat badan bisa menurun secara efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?