Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan Apa Saja?

Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan bukanlah perkara mudah. Satu hal yang bisa membuat ibu hamil bernapas lega adalah masih mungkin untuk menaikkan berat janin hingga proses persalinan dilakukan.

Taksiran berat janin normal saat berumur 8 bulan berada di rentang 2000 gram hingga 2400 gram. Namun, untuk mendapatkan kepastian berat janin normal pada usia tersebut, ada baiknya menyesuaikan kembali dengan usia kehamilan dalam minggu.

Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan
unsplash.com

Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan 8 Bulan

Ada banyak faktor pemicu berat janin kurang melihat dari usia kandungan. Penyebab paling umum adalah asupan gizi kurang kuat, gangguan plasenta, kelainan kromosom, penyakit kronis, hingga pola hidup tidak sehat.

Bila rutin check up kandungan, berat janin kurang bisa terpantau sejak dini, sehingga cepat mendapat penanganan terbaik. Jadi, berkonsultasilah dengan dokter yang merawat saat mengalami berat janin kurang, terlebih usia kandungan sudah memasuki trimester 3.

Nah, supaya cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan hasilnya lebih optimal, bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Meningkatkan Asupan Kalori Harian Minimal

Kesehatan ibu dan janin tergantung pada asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi ibu. Kebanyakan ibu hamil masih menjalankan program diet dan berakibat janin kurang nutrisi, sehingga berat janin tidak sesuai target.

Padahal, pada masa-masa trimester 3 seharusnya menambah asupan kalori harian minimal, tepatnya menjadi 2.400 kalori. Berkat nutrisi yang terpenuhi sebaik mungkin, janin bisa tumbuh dan mengalami perkembangan dengan baik. Kedepannya, menihilkan risiko bayi lahir cacat.

Perbaiki pola makan dengan memperhatikan gizi seimbang. Konsumsi makanan tinggi karbohidrat, protein, lemak sehat, dan antioksidan. Penting untuk jangan takut gemuk, tetapi gemuk yang sehat agar janin tumbuh sehat dan normal.

Meningkatkan Frekuensi Makan

Porsi sedikit tetapi sering lebih baik daripada melakukan makan dalam jumlah banyak dengan frekuensi jarang. Penambahan jadwal makan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah asupan kalori.

Jadwal makan yang tepat sebagai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan adalah dengan 5 hingga 6 kali dalam setiap harinya.

Dimulai dari makan pagi pukul 06.00, makanan selingan 09.00, makan siang pukul 13.00, makan selingan lagi pukul 16.00, dan makan malam pukul 19.00 atau 20.00.

Camilan Sehat Kaya Kalori

Camilan sehat kaya kalori bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin. Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan ini bisa membuat pertumbuhan janin pun menjadi lebih optimal dan

Jenis makanannya seperti kacang-kacangan, ada kacang mete, kacang tanah, kacang kenari, dan kacang almond. Adapun varian makanan lain meliputi ubi jalar, buah alpukat, kismis, yogurt, keju, dan es krim.

Baru-baru ini, konsumsi junk food sedang trend di kalangan ibu hamil. Selain lezat dan menggoda, makanan siap saji berkalori tinggi ini lebih praktis dan murah.

Namun, dampak buruk junk food lebih banyak daripada manfaatnya. Junk food memang tinggi kalori, tetapi minim nutrisi, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Hal ini bisa memicu gangguan selama kehamilan.

Rutin Cek Kehamilan

Frekuensi melakukan pemeriksaan saat usia kandungan 8 bulan menjadi lebih sering. Biasanya, dokter menyarankan untuk cek kandungan setiap 2 minggu sekali.

Tujuannya untuk memantau berat badan janin dan ibu. Seiring status kenaikan berat ibu dan janin, dokter juga akan memberitahu jenis makanan yang sesuai.

Penuhi Asupan Kalsium

Kebutuhan kalsium orang dewasa normal adalah 1.000 mg per hari. Sedangkan kebutuhan kalsium pada ibu hamil, baik di trimester pertama, kedua, maupun ketiga meningkat 200 – 400 mg per hari sehingga menjadi 1.200 – 1.400 mg per hari.

Cara cepat menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan adalah perbanyak konsumsi makanan tinggi kalsium. Misalkan saja sayuran hijau, udang, tempe, teri, susu, keju, dan yogurt.

Mencukupi kebutuhan kalsium selama hamil tidak hanya menurunkan risiko bayi lahir dengan berat rendah, tetapi juga memperlancar sirkulasi darah.

Vitamin Rekomendasi Dokter

Selama hamil, kebutuhan nutrisi ibu yang semakin bertambah kemungkinan besar belum tercukupi. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin prenatal untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Rutin minum sesuai petunjuk dokter akan mendukung kesehatan ibu serta pertumbuhan dan perkembangan janin.

Vitamin prenatal juga menjadi solusi mencukupi kebutuhan kalsium ibu dan janin. Bagi ibu, suplemen tersebut bisa membantu menjaga massa tulang. Selain itu, ada kandungan zat besi tinggi yang membantu produksi sel darah merah, sehingga ibu hamil tidak mengalami anemia.

Makan Es Krim Menambah Berat Janin?

Apakah makan es krim bisa menjadi cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan?

Jawabannya, konsumsi es krim untuk menambah bobot janin sebenarnya kurang tepat. Apalagi belum terbukti sejauh mana kebenarannya.

Sejumlah produk es krim menambahkan pemanis buatan dan bahan berkarbohidrat tinggi yang mudah memicu kenaikan berat janin. Kemungkinan besar bobot janin meningkat pesat.

Bila berlebihan mengkonsumsinya bisa jadi memunculkan kasus janin terlalu besar, sehingga berpotensi menyulitkan proses persalinan. Di sisi lain, tidak baik bagi kesehatan ibu sebab memicu pilek dan batuk yang nantinya juga berpengaruh pada janin.

Boleh-boleh saja mengkonsumsi es krim, asalkan sesekali sebagai camilan. Pilih es krim dengan kandungan gula rendah, yakni tidak melebihi 15 gram per porsi.

Usahakan jangan memilih es krim dengan banyak pilihan topping. Misalnya saus coklat atau potongan permen, karena bisa menambah kalori dalam jumlah berlebih.

Bila memungkinkan, lebih aman lagi jika mengimbanginya dengan konsumsi variasi bahan pangan lain yang nilai gizinya seimbang. Dalam hal ini, pertimbangkan minum Weight Herba.

Untuk memenuhi cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan, ibu hamil bisa minum Weight Herba 3 kali sehari.

Weight Herba

Inilah kombinasi berbagai bahan alami berkualitas tinggi  dan mengandung gizi seimbang yang aman bagi ibu hamil. Bahan-bahan pembuatnya berkualitas luar biasa dalam meningkatkan berat badan janin dalam kandungan 8 bulan.

Komposisi produk terdiri atas susu kambing etawa, temulawak, dan daun kelor. Meski terbuat dari bahan-bahan alami, dijamin rasanya lezat, sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsinya dengan baik. Tanpa pemanis buatan berarti tidak akan memberikan kalori berlebih pada tubuh.

Beralih ke kandungan temulawak dengan komposisi pas, membuat Weight Herba efektif meningkatkan nafsu makan. Bahkan masalah  pencernaan seperti sembelit akan teratasi dengan baik berkat serat yang terkandung dalam daun kelor.

Adapun peran daun kelor adalah ampuh mengatasi sejumlah penyakit. Kombinasi daun kelor, temulawak, dan susu kambing menjadikan Weight Herba sebagai cara tepat menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan.

Tidak seperti produk herba lain, Weight Herba tidak memicu efek samping apapun. Lulus dan mengantongi sertifikat resmi dari HALAL MUI menjadi bukti otentik jika Weight Herba aman konsumsi.

Bagi ibu hamil dengan kasus berat kurang pada janin, pertimbangkan mengkonsumsinya. Selain menambah bobot janin, akan mendapat manfaat berupa mengurangi peradangan, membantu perkembangan otak pada janin, dan mempertahankan kesehatan rongga mulut si ibu.

Semoga dengan cara menambah berat badan bayi dalam kandungan 8 bulan pada ulasan tadi bisa membantu para ibu yang mengalami berat janin kurang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?