Tinggi 156 Berat Badan Ideal Berapa? Berikut Cara Hitungnya

Tinggi 156 Berat Badan Ideal Berapa

Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian semua orang. Karena itu, tidak heran banyak yang berlomba-lomba untuk mencapainya melalui berbagai cara. Apabila memiliki tinggi 156 berat badan ideal berapa yang harus dicapai?

Sebelum berusaha menurunkan atau menambah berat badan, harus tahu cara menghitungnya terlebih dahulu. Sehingga, bisa melihat berapa target yang perlu dicapai untuk mendapatkan berat ideal.

Tinggi 156 Berat Badan Ideal Berapa
Pexels.com

Tinggi 156 Berat Badan Ideal Berapa Kg?

Sebelum masuk dalam pembahasan utama, kita perlu mengetahui dahulu apa itu berat badan ideal. Berat badan ideal merupakan berat badan yang diyakini paling menyehatkan untuk seseorang dengan beracuan dari sisi tinggi badan. Berat badan inilah yang menymbnagkan angka harapan hidup tertinggi untuk kita.

Alasan banyak yang menginginkan tubuh dengan berat badan ideal adalah sebagai upaya mempertahankan kesehatan secara menyeluruh. Hal ini juga sebagai salah satu cara mencegah serta mengendalikan berbagai penyakit. Mari kita masuk dalam pembahasan tinggi 156 berat badan ideal berapa?

Faktor-Faktor Pengaruh Berat Badan

Meski tinggi badan adalah patokan utamanya, perlu juga untuk mempertimbangkan beberapa faktor lain untuk menilai. Karena itu dengan tinggi 156 berat badan ideal berapa, harus diketahui berat badan sudah termasuk sehat atau belum. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Usia
  • Bentuk tubuh
  • Jenis kelamin
  • Massa otot

Berat badan berlebih bisa melebarkan risiko penyakit serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes melitus. Sedangkan, berat badan yang terlalu rendah dapat menyebabkan osteoporosis, anemia, dan gangguan pertumbuhan.

Berat badan ideal tidak ditunjukkan dengan seberapa ramping tubuh karena setiap orang memiliki nilai berbeda-beda. Misalnya, seseorang memiliki tinggi badan 150 cm tentunya memiliki berat badan ideal berbeda dengan orang yang memiliki tinggi 170 cm. Lalu, tinggi 156 berat badan ideal berapa?

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Untuk menghitung berat badan ideal, bisa dengan membandingkannya dengan tinggi badan. Sebelum mulai menghitung berapa berat badan idealnya, pastikan sudah mengetahui tinggi badan.

Cara paling mudahnya adalah dengan menggunakan IMT, atau bisa juga menggunakan rumus dari dokter bedah Prancis, Pierre Paul Broca, rumusnya:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Misalnya ada orang yang memiliki tinggi badan 160 cm, berat badan idealnya adalah 60 kg. Akan tetapi, rumus tersebut tidak menyertakan pertimbangan jenis kelamin. Rumus ini hanya dapat diaplikasikan kepada orang dengan tinggi badan kurang dari 165 cm.

Berat badan ideal pria berbeda dengan wanita, karena pria memiliki massa otot lebih banyak. Sementara itu, wanita memiliki lebih banyak komposisi lemak dalam tubuh. Hal inilah yang membuat wanita lebih cepat gemuk.

Oleh sebab itu, rumus Broca digunakan berbeda untuk menghitung berat badan ideal antara pria dan wanita. Berikut rumusnya:

  • Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
  • Wanita: berat badan ideal (kg) = [tinggi badan(cm) – 100] – [(tinggi badan(cm) -100) x 15%]

Misalnya ada seorang wanita yang memiliki tinggi 156 berat badan ideal berapa? Berat badan ideal apabila dihitung menggunakan rumus ini adalah 56 – 8,4 = 47,6 kg. Sedangkan apabila pria dengan tinggi badan 165 cm berat idealnya sebesar 65 – 58.5 kg.

Menghitung Menggunakan Rumus Harris-Benedict

Sebagian orang yang memiliki berat underweight, penambahan berat badan bisa dilakukan dengan cara menambah asupan kalori melebihi kalori per harinya atau Basal Metabolic Rate. BMR merupakan jumlah energi minimal yang dibutuhkan tubuh supaya organ-organ serta sistem dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Untuk menghitung kalori per hari bisa menggunakan rumus Harris-Benedict, yakni:

  • Pria: (88,4 + 13,4 x berat badan dalam kilogram) + (4,8 x tinggi dalam sentimeter) – (5,68 x usia dalam tahun)
  • Wanita: (447,6 + 9,25 x berat dalam kilogram) + (3,10 x tinggi dalam sentimeter) – (4,33 x usia dalam setahun)

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian dikalikan dengan angka aktivitas harian rata-rata seorang, yang berkisar antara 1,2-1,9. Semakin jarang seseorang melakukan aktivitas fisik, maka semakin rendah angka aktivitas harian. Apabila seorang wanita memiliki berat 30 kg dan tinggi 156 berat badan ideal berapanya dapat meyesuaikan untuk menambahkan kalori per harinya supaya bisa naik cukup banyak.

Menghitung Indeks Massa Tubuh

Cara lain untuk mengetahui berat badan ideal adalah dengan menghitung indeks massa tubuh. IMT merupakan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Untuk mengukur menggunakan metode ini, perlu membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan kuadrat (dalam sentimeter).

Hasil pengukuran menggunakan metode ini dapat menunjukkan apakah berat badan berada dalam rentang ideal. Berikut rumusnya:

  • IMT  = berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m)) atau
  • IMT = berat badan (kg) : tinggi badan (m)2

Setelah menghitung menggunakan metode ini, bisa didapatkan hasil apakah berat badan termasuk ideal berdasarkan kategori berikut ini dengan satuan kg/m2:

  • Underweight: IMT kurang dari 18,5
  • Normal: 18,5-22,9
  • Overweighr: 23-24,9
  • Obesitas lebih atau sama dengan 25

Misalnya dengan kasus seorang wanita dengan berat badan 30 kg dan tinggi 156 berat badan ideal berapa? Apabila dihitung dengan rumus ini berarti 30 kg x 2,43 m2 adalah 12,3. Hal ini berarti wanita tersebut termasuk dalam kategori underweight.

Berat badan yang rendah bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti penyakit hormonal, gangguan pencernaan, gangguan makan, gangguan psikologis, malnutrisi, adanya kanker, atau infeksi.

Kunci Mendapatkan Berat Badan Ideal

Setelah menghitung berat badan ideal, kita perlu tahu cara mencapai dan menjaganya. Tidak sampai harus membatasi asupan makan besar-besaran. Hal tersebut justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kunci utamanya adalah dengan menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar tubuh.

Apabila berat badan di kisaran overweight, maka yang perlu dilakukan adalah mengeluarkan energi lebih banyak daripada yang masuk, begitu pula sebaliknya. Untuk kasus ini, bisa dilakukan dengan diet yang sudah dipahami sebelum nya.

Dengan tinggi 156 berat badan ideal berapa? Menggunakan rumus-rumus tadi, berat badan yang dapat dicapai adalah 47,6 kg. Apabila berat badan masih di bawah angka tersebut berarti harus menambah sedikit lebih banyak asupan. Namun, bila angka berat badan di atas nya, maka harus mencoba untuk melakukan diet sehat dan tepat sesuai keadaan dan kebutuhan tubuh.

Diet merupakan pola makan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuannya untuk menambah atau menurunkan berat badan atau memulihkan diri dari suatu penyakit untuk mencapai tubuh dan hidup sehat.

Weight Herba Penambah Berat Badan

Apabila kesulitan dalam menaikkan berat badan atau untuk mencapai berat badan ideal, Susu Weight Herba bisa membantu. Susu ini dapat membantu berat badan naik dalam hitungan hari saja. Karena, ada segudang manfaat yang diberikan oleh produk ini.

Terbuat dari susu kambing etawa dan sejumlah bahan alami lainnya, produk ini dapat menambah asupan kalori berkualitas tinggi. Selain itu, produk ini juga akan memperbaiki saluran pencernaan, menambah protein baik dalam tubuh untuk mendukung berat badan ideal.

Jadi, tinggi 156 berat badan ideal berapa yang harus dicapai bisa dibantu dengan produk ini. Weight herba mampu meningkatkan nafsu makan yang membuat berat badan naik cukup signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?