Ciri Anak Cacingan Usia 1 Tahun dan Cara Mencegahnya

Ciri Anak Cacingan Usia 1 Tahun

Ciri anak cacingan usia 1 tahun bisa saja muncul karena berbagai faktor. Tanda infeksi cacing pada anak usia dini juga terkadang membingungkan. Bahkan meskipun sudah mengonsumsi obat cacing sekalipun, belum bisa menjamin terbebas dari gangguan ini. Kadang orang tua masih bertanya-tanya, mungkinkah si anak masih cacingan atau tidak. Hal tersebut karena cacing dapat bersarang di dalam usus bayi tanpa menunjukkan tanda apapun.

Ciri Anak Cacingan Usia 1 Tahun
unsplash.com

Ciri Anak Cacingan Usia 1 Tahun dan Penanganannya

Cacingan memang menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat merugikan. Baik itu pada orang dewasa maupun anak kecil usia dini. Bahaya cacing yang bersarang di dalam tubuh akan menyerap nutrisi vitamin dan mineral tubuh anak. Sehingga tanpa penanganan yang tepat, kondisi kesehatan si kecil akan semakin memburuk.

Oleh sebab itu perlu adanya upaya pencegahan lebih awal untuk mencegah timbulnya gejala cacingan pada anak. Inilah beberapa tanda-tanda cacingan yang bisa menjadi indikator ketika anak terinfeksi cacing.

Terdapat Cacing di Feses Anak

Ciri anak cacingan usia 1 tahun yang pertama untuk memastikan anak terinfeksi cacing adalah mengecek fesesnya. Memang akan sedikit sulit untuk memastikan kecacingan apabila cacing pada feses tidak bergerak. Sehingga sebaiknya perlu pengecekan lebih lanjut di laboratorium. Kemudian dengan proses identifikasi lebih detail, kesimpulan baru bisa jelas apakah feses mengandung cacing atau tidak.

Biasanya jenis cacing yang besar kemungkinan muncul di feses adalah Enterobius Vermicularis atau cacing kremi. Panjangnya 5 hingga 13 milimeter dan berwarna putih sekilas mirip seperti benang.

Pada kasus infeksi cacing kremi pada anak justru tidak terdapat keluhan sakit perut hingga diare. Keluhan yang paling sering adalah rasa gatal pada area anus, khususnya pada malam hari. Sehingga anak yang terjangkit cacing kremi akan sering menggaruk area anus saat waktu tidur malam.

Sering Meludah

Ciri anak cacingan usia 1 tahun selanjutnya adalah sering meludah tanpa suatu alasan. Tidak perlu terburu-buru menegur dan memarahi perilaku anak tersebut. Lebih baik tanyakan tentang apa yang membuatnya melakukan demikian. Sebab, hal tersebut tidak selalu menjadi tanda perangai buruk dari seorang anak.

Kemungkinan anak mengalami gejala cacingan yang membuatnya sering meludah. Penjelasannya karena produksi air liur akan meningkat saat anak terjangkit cacing di dalam tubuhnya. Meskipun kadang tidak ada keluhan lainnya yang menyertai. Namun ketika melihat anak terlalu sering meludah, segeralah untuk menanyakan apa yang mereka rasakan. Kemudian lakukan penanganan cepat untuk meminimalisir perkembangan cacing di dalam tubuh.

Nyeri Pada Perut

Ciri anak cacingan usia 1 tahun ini termasuk dalam gejala yang umum ketika. Namun, tidak perlu terburu-buru menyimpulkan demikian. Sebab, tanda nyeri perut juga mungkin menjadi gejala penyakit lainnya. Oleh sebab itu, pastikan untuk mencari tanda gangguan lainnya pada tubuh anak.

Jika muncul tanda-tanda cacingan lain, besar kemungkinan ciri yang terjadi pada anak umur 1 tahun ini adalah gejala terjangkitnya kecacingan. Setelah memastikan hal tersebut, lebih baik untuk segera melakukan pemeriksaan langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat-obatan sesuai dosis anak.

Mengalami Gangguan Saat Tidur Malam

Ciri anak cacingan usia 1 tahun di atas mulai menyebabkan anak susah beristirahat. Terutama untuk waktu tidur di malam hari. Sehingga kebanyakan anak yang menderita cacingan akan terganggu waktu tidurnya karena kegelisahan dan tidak nyaman untuk istirahat.

Terganggunya waktu tidur tersebut tentu akan berdampak pada kondisi kesehatan dan tumbuh kembang anak apabila tidak mendapat penanganan yang benar. Berkurangnya kualitas tidur juga akan membuat anak lemas dan besar kemungkinan memicu munculnya penyakit lain yang mengganggu kesehatan.

Selain itu, kurang tidur akibat cacingan juga dapat memicu mood buruk pada anak. Sehingga kadang anak yang menderita cacingan akan mudah marah dan tersinggung.

Suka Memasukkan Benda ke Mulut

Ciri anak cacingan usia 1 tahun ini cenderung merupakan faktor penyebab dari gangguan kesehatan tersebut. Anak umur 1 tahun memiliki kebiasaan memasukkan atau menggigit berbagai benda dengan mulutnya. Mulai dari mainan, tangan, maupun baju yang mereka pakai. Berbagai barang tersebut bisa saja terkontaminasi kotoran yang mengandung telur maupun larva cacing.

Apabila benda yang terkontaminasi ini masuk ke mulut, sudah barang tentu cacing akan masuk ke dalam tubuh anak. Jika sudah terkontaminasi cacing, maka anak justru akan lebih sering melakukan aktivitas tersebut. Lebih parahnya lagi, perilaku anak ini juga diikuti dengan menurunnya nafsu makan pada anak. Akibatnya, berat badan anak lama kelamaan akan turun dengan drastis.

Muncul Ruam Pada Permukaan Kulit

Tanda cacingan pada anak usia dini selanjutnya adalah munculnya ruam-ruam pada permukaan kulit. Kondisi ini memang termasuk jarang terjadi, namun ada jenis cacing yang dapat menyebabkan gejala seperti ini muncul. Apalagi jika bersamaan dengan tanda-tanda cacingan lainnya. Tentunya, kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas anak.

Oleh sebab itu, perhatikan permukaan kulit pada lengan tangan maupun kaki anak. Munculnya ciri anak cacingan usia 1 tahun berupa bercak merah bisa disertai nyeri perut atau yang lain. Sehingga lebih baik segeralah mengambil tindakan medis ke dokter.

Cara Pencegahan Cacingan Pada Anak

Pada dasarnya untuk mencegah cacingan adalah dengan memutus mata rantai penularannya. Caranya dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat. Perilaku yang menunjukkan pola hidup bersih serta sehat seperti membiasakan anak mencuci tangan secara teratur. Terutama sebelum dan sesudah makan. Selain itu, potong kuku secara rutin jika kuku anak sudah panjang dan kotor.

Untuk mencegah munculnya ciri anak cacingan usia 1 tahun dengan memberikan makanan dan minuman bersih yang bebas dari kontaminasi cacing. Caranya dengan mencuci bahan secara bersih sebelum diolah. Kemudian, masak bahan makanan tersebut hingga benar-benar matang. Sedangkan untuk pakaian lebih baik untuk melakukan penggantian setiap hari. Pakaian adalah salah satu hal yang mudah ditempeli berbagai benda berukuran mikro. Entah itu debu bahkan larva cacing sekalipun.

Selanjutnya, satu hal yang paling penting sebagai upaya pencegahan adalah mengkonsumsi obat cacing. Namun untuk usia anak 1 tahun ke bawah lebih baik untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Mengingat sebenarnya obat cacing dianjurkan untuk anak yang sudah memasuki umur dua tahun saja. Pemberian obat cacing ini idealnya setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Hal ini bertujuan untuk membantu mencegah dan meminimalisir kontaminasi cacing pada anak usia dini.

Untuk alternatifnya, bisa berikan anak madu herbal Vitummy. Vitummy mempunyai manfaat untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus mencegah adanya cacing yang berkembang biak di perut si kecil. Multivitamin ini juga membantu untuk menambah berat badan anak.

Demikianlah beberapa ciri anak cacingan usia 1 tahun yang perlu menjadi perhatian khusus untuk orang tua. Banyak hal yang bisa orang tua lakukan sebagai upaya penanganan dan pencegahan terhadap gangguan cacing pada anak. Salah satunya yang paling penting dengan memperbaiki pola hidup bersih dan sehat. Meskipun tidak langsung memberikan impact, namun dengan melakukannya secara konsisten dan benar dapat menjadi solusi tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?