Nafsu Makan Meningkat, Ini Penyebab dan 7 Cara Mengatasinya

Nafsu Makan Meningkat

Terdapat berbagai macam penyebab nafsu makan meningkat. Pasalnya nafsu makan yang meningkat dan terjadi secara terus menerus bisa menjadi tanda penyakit hipertiroid.

Seiring dengan meningkatnya nafsu makan, tentu akan diikuti dengan kenaikan berat badan pula. Jika berat badan sudah naik secara drastis tentu membuat tubuh tidak memiliki berat badan ideal. Lantas apa saja yang menjadi penyebab meningkatnya nafsu makan?

Nafsu Makan Meningkat
www.revyuh.com

Penyebab Nafsu Makan Meningkat

Perlu diperhatikan jika rasa lapar yang sering dirasakan belum tentu rasa lapar yang sebenarnya. Bisa saja rasa tersebut merupakan kamuflase dari beberapa faktor yang terjadi di bawah ini. Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan nafsu makan meningkat.

Melihat Makanan yang Enak

Tentu saja melihat makanan yang tampak lezat akan menggugah selera makan atau rasa lapar. Bahkan rasa lapar bisa saja datang hanya karena melihat foto makanan yang enak-enak.

Kendati demikian, ini bisa menjadi penyebab nafsu makan meningkat. Biasanya makanan yang enak tidak hanya dari tampilan yang enak dipandang, melainkan rasa yang bisa memanjakan lidah. Membuat siapa saja ingin mengunyah terus menerus.

Melihat Orang Makan

Penyebab nafsu makan meningkat berikutnya yaitu hanya dengan melihat orang makan. Melihat orang makan, seringkali akan membuat seseorang pun ingin juga ikut makan.

Biasanya orang tersebut akan melihat orang yang makan seolah-olah rasanya nikmat sekali. Dengan demikian, rasa lapar pada diri bisa tergugah. Sehingga pada akhirnya akan ikut makan juga.

Tidak Mempunyai Aktivitas Khusus atau Menganggur

Jika seseorang tidak mempunyai aktivitas khusus atau sering disebut dengan nganggur, maka akan membuatnya merasa mudah lapar. Padahal sudah makan, namun rasa lapar seolah tidak mau pergi.

Nah apabila Anda tengah tidak memiliki aktivitas secara khusus atau menganggur, maka bisa mengisi waktu luang dengan berolahraga. Tidak perlu lama, namun dengan olahraga tentu bisa mengisi waktu luang dan menahan rasa lapar.

Mengonsumsi Cemilan yang Tidak Membuat Kenyang Namun Kalorinya Tinggi

Ngemil menjadi rutinitas yang sudah sering dilakukan. Biasanya, orang akan memakan cemilan ketika kerja atau waktu luang.

Apabila mengonsumsi cemilan secara terus menerus tanpa terkendali, bisa membuat berat badan menjadi naik serta mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan.

Cemilan yang tinggi kalorinya mudah sekali untuk dijumpai. Contohnya saja kentang goreng. Cemilan ini menjadi contoh cemilan yang tinggi kalori tapi banyak penggemarnya.

Biasanya cemilan ini mudah dijumpai di gerai makanan cepat saji terdekat. Seporsi atau setara dengan 145 gram kentang goreng ini memiliki kandungan kalori kira-kira 461.

Stres atau Banyak Pikiran

Stres yang sudah kronis bisa menjadi pengaruh terhadap nafsu makan. Sejumlah orang kemungkinan memakai makanan sebagai pelampiasan untuk meluapkan semua rasa. Bisa juga menjadi mekanisme doping untuk situasi atau situasi stres yang akan mengkondisikan tubuh untuk mengasosiasikan stres dengan dampak positif dari makanan dan kalori.

Cara Mengatasi Berlebihnya Nafsu Makan

Seringkali nafsu makan meningkat mendorong seseorang untuk menuruti keinginannya makan terus menerus sampai tidak mengenal kenyang,

Kebiasaan yang berlebihan ini perlunya diperhatikan sejak dini. Jika sudah makan dengan porsi banyak, maka rasa lapar yang menghampiri lagi kemungkinan besar hanya rasa lapar palsu. Adapun cara untuk mengatasi meningkatnya nafsu makan ialah sebagai berikut:

Makan Sesuai dengan Jadwal

Dalam hal ini, setiap orang mempunyai porsi makan yang berbeda-beda. Idealnya sehari tiga kali, yakni sarapan, makan siang, serta makan malam, sekitar 4 jam sebelum masuk ke jam untuk tidur.

Pastikan makan pada jam yang sesuai. Sebab hal ini bisa menekan nafsu makan yang berlebihan karena rasa kenyang yang ada dalam perut terjaga.

Tidak Makan Terburu-Buru

Makan yang terlalu cepat bisa memicu nafsu makan meningkat. Sehingga bisa mengakibatkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu. Kebiasaan buruk ini bisa diubah mulai dari sekarang.

Makan dengan cara mengunyah secara pelan-pelan untuk bisa meningkatkan rasa kenyang. Sebaiknya konsumsi makanan yang bertekstur padat dikunyah 32-33 kali, sedangkan untuk makanan lembut sebanyak 20 kali.

Minum Air Putih yang Banyak

Terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan masih dapat mendorong nafsu makan meningkat. Hal ini juga bisa mengakibatkan adanya risiko terkena penyakit yang serius. Dengan demikian, pastikan asupan cairan tercukupi setiap harinya dengan minum air putih yang banyak.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein bisa membantu tubuh merasa kenyang sepanjang hari, sekaligus bisa mengurangi keinginan untuk makan secara berlebihan. Makanan yang bisa ditambahkan seperti telur, yogurt, ikan, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan untuk menjadi sumber protein ke dalam menu makanan sehari-hari.

Menghindari Stres

Cara mengatasi nafsu makan meningkat yakni menghindari segala sesuatu hal yang menjadi pemicu stress. Adapun tujuannya supaya keinginan untuk makan tetap terkendali serta tidak karena lapar emosional.

Bisa menerapkan metode mindful eating, yakni melatih kesadaran secara penuh ketika makan, maka bisa lebih melatih kepekaan terhadap rasa lapar serta kenyang.

Mengonsumsi Vitummy

Vitummy adalah sebuah produk multivitamin yang terbuat dari madu herbal dan mengandung campuran ekstrak tanaman herbal alami yang telah diproses secara khusus. Produk Vitummy adalah madu herbal yang bisa membuat nafsu makan meningkat untuk anak-anak sampai orang dewasa. 

Produk ini juga memiliki manfaat sebagai multivitamin alami yang membantu mengatasi masalah cacingan. Kombinasi jamu herbal yang terdapat dalam produk ini memiliki sifat penyembuhan, sementara kandungan aromaterapinya dapat membantu merilekskan tubuh.

Madu herbal ini memiliki formulasi yang kaya akan Selenium Silver Pro, yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Formula dengan kandungan Selenium ini terbukti efektif bagi berbagai rentang usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Tidak perlu merasa khawatir, sebab produk vitamin yang bisa menyebabkan nafsu makan meningkat ini memakai bahan-bahan tanaman alami. Terlebih produk Vitummy juga sudah mempunyai izin edar dari BPOM, tentu keamanannya lebih terjaga.

Adapun tanaman herbal yang terkandung dalam produk Vitummy yakni bisa berkhasiat untuk mengobati. Sementara kandungan aromaterapinya dapat membuat tubuh tenang. Vitummy ini juga tidak hanya bisa meningkatkan nafsu makan, namun juga membuat imunitas tubuh lebih terjaga.

Meningkatnya Nafsu Makan Apakah Aman?

Dari banyaknya poin yang telah disebutkan di atas, bertambahnya nafsu makan bisa menjadi pertanda penyakit. Bahkan jika makan tidak terkontrol dengan mengikuti nafsu makan yang bertambah, dapat membuat tubuh kehilangan berat badan ideal. Sehingga harus pintar dalam mengelola nafsu makan. Tentunya supaya tidak berdampak buruk dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi Vitummy, vitamin untuk-anak-anak sampai dewasa yang aman supaya bisa menambah nafsu makan. Vitamin ini cocok bagi seseorang yang kehilangan selera makannya. Produk ini juga aman untuk dikonsumsi setiap harinya.

Nafsu makan bertambah tak luput dari banyak penyebabnya. Mulai dari hal yang terbilang sepele sekalipun. Contohnya seperti hanya melihat dengan orang makan, membayangkan makanan enak sudah bisa menggugah selera rasa lapar. 

Jadi, supaya nafsu makan meningkat tidak membuat kesehatan tubuh buruk atau BB tidak ideal bisa melakukan olahraga ketika waktu kosong. Olahraga seperti jogging selama 30 menit setiap harinya sembari mendengarkan lagu favorit. Bisa juga dengan treadmill, bisa dilakukan dirumah sambil menonton juga selama 30 menit. Sementara jika masih merasa lapar, bisa mengonsumsi air putih terlebih dahulu. Namun jika rasa lapar tidak hilang bisa mengonsumsi buah atau cemilan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?