Obat Lidah Terasa Pahit dan Nafsu Makan Berkurang

Obat Lidah Terasa Pahit dan Nafsu Makan Berkurang

Obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang tentunya penting untuk mencegah masalah ini terus berlarut-larut. Ketika makan suatu makanan yang terasa lezat di mulut tentu bisa meningkatkan nafsu makan. Apalagi jika memakan makanan yang disukai seperti berbagai lauk favorit maupun camilan favorit. Tanpa sadar pun kita bisa makan dalam jumlah banyak.

Namun kadang kala lidah menjadi terasa pahit sehingga semua makanan maupun minuman yang masuk ke mulut juga menjadi terasa pahit. Hal tersebut tentunya sangat tidak menyenangkan mengingat pahit bukan menjadi rasa yang disukai oleh banyak orang, apalagi anak-anak. Saat masalah ini terjadi tentunya juga bisa membuat nafsu makan menjadi menurun.

Ketika lidah terasa pahit semua makanan bahkan makanan favorit menjadi tidak enak sehingga nafsu makan pun bisa menurun. Jika ini terus menerus terjadi hal tersebut tentunya bisa memberikan berbagai dampak buruk tersendiri terlebih bagi kesehatan. Misalnya yaitu bisa membuat berat badan semakin menurun, tubuh kekurangan nutrisi, hingga memicu masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Obat Lidah Terasa Pahit dan Nafsu Makan Berkurang
unsplash.com

Penyebab dan Obat Lidah Terasa Pahit dan Nafsu Makan Berkurang

Lidah pahit tentunya menjadi masalah yang sangat mengganggu bagi anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Sebab masalah ini bisa membuat berbagai makanan dan minuman menjadi terasa pahit pula. Akibatnya banyak orang menjadi malas makan bahkan sama sekali tidak mau makan apa pun karena tidak sanggup menahan rasa pahitnya.

Lidah yang menjadi pahit ini tentu bukan terjadi tanpa sebab. Namun ada penyebab tersendiri baik itu karena mengalami penyakit tertentu yang tidak terlalu berbahaya hingga kondisi kesehatan yang harus diwaspadai. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan tentu kita harus mengetahui apa saja penyebab dari masalah lidah dan mulut pahit ini.

Nah, berikut adalah beberapa penyebab lidah pahit sehingga butuh obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang untuk mengatasinya:

Asam Lambung Naik

Penyebab pertama yang mungkin terjadi yaitu karena asam lambung naik ke kerongkongan ketika mengalami GERD. Saat penyakit asam lambung naik maka biasanya juga akan menunjukkan tanda seperti munculnya sensasi terbakar di dada, sulit menelan, hingga batuk kering. Masalah ini bisa terjadi setelah mengonsumsi makanan pedas, asam, berminyak atau berkafein.

Infeksi Saluran Pernapasan

Ini juga merupakan masalah kesehatan yang membuttuhkan obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang. Selanjutnya yaitu karena mengalami infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau karena infeksi virus influenza yang memang bisa membuat lidah pahit bahkan menghilangkan kemampuan indra perasa. Saat mengalami infeksi saluran pernapasan ini, biasanya juga muncul tanda lainnya seperti demam, tidak enak badan, batuk, sakit tenggorokan, dan lainnya.

Mulut Kering

Mulut kering juga bisa menyebabkan mulut pahit sehingga perlu obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang. Kondisi mulut kering ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti kurang minum air putih, berkurangnya produksi air liur, karena proses penuaan, merokok, efek mengonsumsi obat-obatan tertentu, mengalami sindrom Sjogren, dan lain sebagainya.

Sindrom Mulut Terbakar

Jika lidah terasa pahit dan muncul rasa pedas atau terbakar maka bisa saja mengalami sindrom mulut terbakar atau mouth burning syndrome. Sindrom ini bisa menyebabkan rasa nyeri, membuat mulut kering, dan memunculkan rasa logam di lidah. Penyebabnya belum diketahui namun ada beberapa faktor pemicu seperti diabetes, pengobatan kanker dan lainnya.

Efek Samping Obat atau Terapi

Penyebab lainnya yaitu karena efek samping pengobatan atau terapi sehingga penderitanya perlu obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang. Contohnya yaitu karena efek samping dari pengobatan atau terapi seperti mengonsumsi antibiotik amoxicillin, captopril, diuretik, atau metronidazole. Radioterapi atau kemoterapi juga bisa mempengaruhi kemampuan lidah.

Kehamilan

Kehamilan memang bisa menimbulkan perubahan hormon pada ibu. Perubahan hormon tersebutlah yang bisa menyebabkan munculnya beberapa gangguan yang cukup mengganggu termasuk lidah yang terasa pahit dan nafsu makan menurun. Umumnya, kondisi ini akan mereda dengan sendirinya seiring berjalannya waktu dan setelah ibu melahirkan.

Cara Mengatasi dan Obatnya

Ketika lidah terasa pahit dan nafsu makan terus menurun tentunya masalah itu harus segera diatasi. Sebab jika tidak maka bisa memunculkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah cara mengatasi serta obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang:

1. Minum Cukup Air Putih

Cara pertama yang paling mudah yaitu dengan minum cukup air putih yaitu 8 gelas sehari. Dengan asupan air putih yang cukup maka bisa mencegah dan mengatasi mulut kering penyebab lidah pahit dan kebutuhan tubuh akan air juga tercukupi. Sehingga tubuh juga bisa terhindar dari dehidrasi yang pastinya bisa memberikan dampak buruk untuk tubuh.

2. Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Berikutnya dengan menjaga kebersihan gigi dan juga mulut. Caranya yaitu dengan rutin menyikat gigi dengan pasta gigi 2 kali sehari pagi dan malam. Selain membantu mengatasi mulut pahit kebiasaan ini juga bisa membuat mulut dan gigi menjadi lebih sehat, bersih, bebas dari karang atau gigi kuning, serta bisa mencegah gigi berlubang.

3. Kunyah Permen Karet Rasa Mint Tanpa Gula

Permen karet juga bisa menjadi obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang. Rasa mint dari permen yang segar bisa membantu mengurangi rasa pahit di mulut yang sangat mengganggu. Mengunyah permen karet juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi, mengurangi stress, mencegah gigi berlubang, mencegah bau mulut dan lainnya.

4. Jangan Merokok

Berhenti merokok juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi lidah yang terasa pahit. Selain itu tidak merokok juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan seperti membaiknya tekanan darah, meningkatnya kadar oksigen dalam darah sehingga tubuh bisa kembali sehat. Lalu bisa mengurangi resiko serangan jantung, menurunkan darah, dan lain sebagainya.

5. Minum Vitummy

Vitummy merupakan obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang yang pastinya aman dan efektif. Produk ini bisa untuk anak-anak mulai usia 1 tahun hingga orang dewasa sekalipun. Vitummy adalah produk multivitamin dari madu herbal yang memiliki kandungan berbagai ekstrak campuran tanaman herbal alami yang diolah sedemikian rupa.

Vitummy memiliki kandungan jamu herbal yang bermanfaat untuk mengobati serta memiliki kandungan aromaterapi yang membuat tubuh lebih rileks. Dengan mengkonsumsi Vitummy maka imunitas tubuh bisa meningkat karena memiliki kandungan Selenium Silver Pro. Obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang ini juga mengandung madu.

Madu herbal tersebut mengandung antioksidan fenol untuk melawan zat asing penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Vitummy tentunya juga mampu meningkatkan nafsu makan karena juga mengandung temulawak dan temu hitam. Dengan nafsu makan yang bertambah maka kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh juga bisa terpenuhi dengan baik.

Selain meningkatkan nafsu makan, Vitummy juga memiliki kandungan vitamin ekstrak buah pepaya. Kandungan tersebut tentunya bisa menyehatkan pencernaan tubuh karena ekstrak buah pepaya mengandung enzim glycyl endopeptidase, caricain, dan papain. Kemudian Vitummy juga mampu membantu mengatasi cacingan pada anak-anak.

Obat lidah terasa pahit dan nafsu makan berkurang Vitummy ini tentunya cukup efektif dan aman. Apalagi obat ini juga sudah lolos uji BPOM, memiliki sertifikat halal dari MUI dan terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?