Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Tidak Hanya Kaya Kalori

Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan

Makanan yang bisa menambah berat badan tidak melulu harus tinggi kalori. Jumlah kalori memang penting, tetapi tidak boleh sampai membahayakan kesehatan. Solusinya adalah memilih makanan dan minuman yang sehat dan kaya nutrisi.

Sebelum menjalani program menambah berat badan, penting untuk mengetahui berapa penambahan berat badan yang tepat agar mencapai berat ideal. Cara sederhana mengetahuinya adalah menggunakan kalkulator IMT (Indeks Massa Tubuh).

Tanpa mengetahui berat badan ideal, dikhawatirkan akan mengalami penambahan berat secara signifikan yang berakibat buruk terhadap kesehatan. Jadi, penting untuk mengetahui kisaran IMT supaya tidak mengalami obesitas.

Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan
unsplash.com

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan

Beberapa orang lebih suka memiliki badan kurus karena tidak ribet saat memilih fashion. Namun, faktanya tidak sesimpel itu.

Tubuh dengan berat badan di bawah batas normal, justru membahayakan kondisi kesehatan. Dalam perhitungan IMT, terlalu kurus ditunjukkan dengan indeks kurang dari 18,5.

Beberapa resiko memiliki tubuh terlalu kurus adalah mengalami kekurangan nutrisi, meningkatkan risiko osteoporosis, dan rentan sakit. Bahkan pada wanita berpotensi mengalami gangguan siklus menstruasi dan sulit hamil.

Mumpung belum terlambat, segera upayakan menambah berat badan dan cara paling mudah adalah dengan meningkatkan asupan makanan. Hanya saja, tidak boleh sembarangan.

Dada Ayam

Masuk daftar sebagai makanan yang bisa menambah berat badan, dada ayam memiliki kandungan protein dan kalori cukup tinggi, yakni 128 kalori. Selain menambah berat tubuh juga meningkatkan massa otot dan memberi efek kenyang lebih lama.

Namun, dada ayam hanya sedikit mengandung lemak, mineral, dan vitamin. Solusi terbaiknya adalah kombinasikan dengan sayur-sayuran. Ide masakan olahan berbahan dada ayam yang sehat dan nikmat adalah semur, soto, tumisan, hingga menjadikannya sebagai isian roti lapis.

Kentang dan Ubi Jalar

Rekomendasi makanan yang bisa menambah berat badan selanjutnya adalah kentang. Karbohidrat yang ada di dalam umbi batang ini lebih kompleks daripada nasi, sehingga baik untuk menambah massa otot. Konsumsi kentang dengan cara mengukus, membantu menambah kalori sebesar 87 kalori.

Sama seperti kentang, ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks, sehingga tepat sebagai makanan untuk menambah berat badan. Mengkonsumsi ubi jalar kukus sebanyak satu porsi, berarti telah menambah asupan kalori sebanyak 100 kalori.

Kedua jenis umbi tersebut juga tidak miskin serat yang nantinya akan memberikan efek kenyang di perut lebih lama. Ini bisa menghindarkan diri dari konsumsi camilan yang tidak sehat. Bila bosan mengukus, bisa menyantapnya dengan cara merebus atau memanggang.

Daging Merah

Ada banyak sekali pilihan daging merah tersedia di pasaran. Kandungan leusin dalam makanan yang bisa menambah berat badan yang satu ini membantu merangsang pembentukan protein otot sekaligus meningkatkan terbentuknya jaringan otot. Penambahan otot inilah yang membuat berat badan bertambah.

Daging merah juga kaya selenium, protein, lemak, niacin, zat besi, zinc, dan vitamin B12. Kalori yang tersimpan dalam daging merah sebanyak 456 kalori, sedangkan protein 49 gram.

Contoh  daging merah tinggi kalori adalah daging sapi. Saat mengolahnya menjadi sup, kalori yang tersedia sebesar 49 kalori. Masakan daging sapi yang lain adalah tumisan, semur, rendang, dan soto.

Meski daging merah bisa menambah berat badan, tetapi hindari mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena bisa memicu obesitas dan terjadi peningkatan risiko penyakit jantung.

Kacang-kacangan

Menaikkan IMT di atas batas normal lewat asupan makanan bisa mengandalkan kacang-kacangan. Ada kacang mete, kacang merah, kacang tanah, kacang kenari, kacang pistachio, dan kacang almond. Sebelumnya, pastikan tidak memiliki riwayat alergi makan kacang.

Selain tinggi protein dan nutrisi, kacang-kacangan juga padat kalori. Dalam satu porsi kacang terdapat sejumlah 360 kalori.

Bebas mengkonsumsi kacang-kacangan sesuai selera. Bila bosan langsung memakannya, cobalah menambahkan pada yoghurt atau sereal atau menikmatinya dalam bentuk selai kacang tanpa gula bersama dengan roti tawar.

Buah Alpukat

Buah berkalori tinggi yang satu ini juga menjadi pilihan makanan yang bisa menambah berat badan. Kandungan kalori dalam satu buah alpukat mencapai 300 kalori.

Selain itu, alpukat juga kaya nutrisi yang berperan meningkatkan massa otot seperti asam lemak tak jenuh tunggal. Tidak salah jika memasukkannya dalam daftar makanan penambah berat tubuh.

Mengkonsumsinya bisa bervariasi. Mulai dengan konsumsi apa adanya, membuatnya menjadi jus, campuran smoothies tanpa gula, salad buah, dan isian roti lapis.

Ikan

Ikan mengandung sumber lemak sehat berupa lemak omega-3. Sebagai pilihan ada ikan tuna, ikan bandeng, ikan salmon, ikan bawal, dan lele.

Kalori yang terkandung dalam satu porsi ikan sebanyak 189 kalori. Manfaat lain konsumsi ikan adalah membantu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan imun. Cara mengolah yang disarankan adalah dengan menumis, mengukus, memanggang, atau merebus.

Telur Rebus

Siapa sangka kalori dalam sebutir telur rebus cukup tinggi yakni 72 kalori. Tak salah jika telur rebus masuk lolos sebagai makanan yang bisa menambah berat badan.

Ada juga kandungan lain yang berperan untuk menambah massa otot dan berat badan. Kandungan tersebut meliputi protein, kalsium, vitamin A, vitamin D, kolesterol, zat besi, dan lemak.

Susu Weight Herba

Mau tahu cara menambah berat badan yang mengasyikkan? Rutin konsumsi Weight Herba.

Kandungan temulawak di dalamnya akan membantu mempercepat penambahan berat badan. Di samping itu, juga menyehatkan pencernaan.

Sedangkan susu asli kambing Etawa menyimpan kandungan nutrisi yang luar biasa untuk menggemukkan badan. Kandungan tersebut meliputi karbohidrat, serta, zat besi, kalsium, lemak nabati, serta vitamin A dan D.

Kabar baiknya, makanan yang bisa membantu menambah berat badan ini adalah minuman ramah pengguna. Artinya, siapapun bisa mengkonsumsinya dengan aman.

Kasus anak dengan berat badan kurang wajib mendapatkan perhatian khusus. Mirisnya, kasus semacam ini masih menjadi temuan hingga saat ini.

Khusus untuk anak yang telah berusia 2 tahun, berikan Weight Herba sebagai upaya tambahan. Tidak perlu khawatir akan  timbul efek samping sebab produk susu ini 100% terbuat dari bahan alami.

Fungsi Weight Herba

Terdaftar BPOM dan berlabel Halal dari MUI semakin mengukuhkan bahwa Weight Herba benar-benar aman. Jadi, buang keraguan Anda dan segera beli produknya untuk membuktikan khasiatnya. Produk juga aman bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia.

Selain membantu menambah bobot tubuh, Weight Herba juga menambah asupan kalori dan protein, menjaga tekanan darah, menurunkan kadar gula darah sekaligus menjaganya agar tetap stabil, memperbaiki saluran pencernaan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Khusus untuk ibu hamil, Weight Herba tidak hanya berfungsi menaikkan berat badan, tetapi juga mengurangi peradangan, membantu perkembangan otak janin, serta menjaga kesehatan rongga mulut.

Pentingnya mengetahui pilihan makanan yang bisa menambah berat badan bertujuan agar tidak menimbulkan resiko dalam jangka panjang. Selain itu, cara pengolahan juga tidak boleh sembarangan. Alih-alih menggemukkan badan, justru terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?