Payudara Sakit Saat Ditekan Tapi Tidak Ada Benjolan? Kenali Penyebabnya

benjolan di payudara sebelah kanan

Mengapa Payudara Sakit Saat Ditekan Tapi Tidak Ada Benjolan?

Payudara terasa sakit bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Mulai dari hal-hal alami seperti menstruasi dan kehamilan, hingga kondisi medis serius, seperti kanker payudara.

Sebagian wanita kerap kali mengeluhkan payudara terasa sakit saat menjelang haid atau menstruasi. Di dunia medis, nyeri payudara disebut dengan mastalgia. Nyeri payudara atau mastalgia ini tak hanya berkaitan dengan siklus menstruasi saja. Pasalnya masih ada beberapa kondisi lainnya yang dapat memicu nyeri payudara.

payudara-sakit-saat-ditekan-tapi-tidak-ada-benjolan

Berikut ini beberapa penyebab payudara terasa sakit saat ditekan tapi tidak ada benjolan, diantaranya:

  • Fluktuasi hormon

Fluktuasi hormon merupakan alasan nomor satu wanita yang mengalami nyeri payudara. Umumnya, payudara terasa sakit 3-5 hari sebelum awal periode menstruasi dan rasa sakit itu bisa hilang setelah periode berlalu.

Hal ini dapat terjadi karena hormon estrogen dan progesteron meningkat tepat sebelum menstruasi. Hormon-hormon tersebut menyebabkan payudara membengkak dan bisa menyebabkan nyeri tekan.

Jika kamu sedang hamil, kamu juga dapat mengalami nyeri payudara atau mastalgia selama trimester pertama akibat peningkatan produksi hormon. Faktanya, kelembutan dan nyeri payudara menjadi salah satu tanda awal kehamilan.

Tak hanya saat menstruasi dan kehamilan saja, fluktuasi hormon juga dapat terjadi saat menopause dan pubertas (pada laki-laki dan perempuan) dan bisa menyebabkan payudara terasa sakit.

 

  • Perubahan payudara fibrokistik

Perubahan payudara fibrokistik tidak berbahaya namun berpotensi menimbulkan sejumlah gejala tidak nyaman yang menyebabkan payudara terasa menggumpal atau teksturnya berbeda karena fluktuasi hormonal

Beberapa jenis kondisi payudara non-kanker yang paling umum, gejalanya yaitu:

  • Payudara yang terasa lebih kencang atau lebih tebal dari biasanya
  • Kelembutan
  • Benjolan atau kista
  • Puting sensitif
  • Rasa gatal

Gejala tersebut mungkin memburuk sebelum menstruasi dan biasanya akan berhenti setelah menopause.

 

  • Ukuran payudara

Wanita dengan payudara berukuran besar atau payudara yang tidak sebanding dengan badannya bisa mengalami ketidaknyamanan atau nyeri payudara. Bahkan, nyeri ini bisa menjalar ke leher, bahu, dan punggung.

 

  • Mastitis

Penyebab payudara terasa sakit lainnya yaitu mastitis atau peradangan payudara. Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita menyusui. Selain terasa sakit, payudara bisa mengalami pembengkakan karena peradangan.

Mastitis ini jangan dianggap sepele karena juga bisa menimbulkan abses pada jaringan payudara.

 

  • Iritasi otot

Terkadang mastalgia bukan terjadi akibat adanya masalah pada payudara, tetapi karena iritasi atau cedera pada otot dada, lengan atau punggung. Cedera pada bagian tersebut bisa terjadi ketika mendayung, menyekop, dan bermain ski air atau beberapa aktivitas lainnya.

 

  • Obat-obatan

Pada sebagian kasus, obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping seperti payudara terasa sakit. Beberapa obat dengan efek samping tersebut, diantaranya oxymetholone, chlorpromazine, pil air (diuretik), terapi hormon, digitalis, dan methyldopa.

Kamu dapat konsultasikan pada dokter mengenai obat-obatan yang kamu konsumsi apabila kamu mencurigai nyeri payudara disebabkan oleh obat tertentu.

 

  • Fibroadenoma

Nyeri payudara yang muncul dengan benjolan bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya fibroadenoma atau fibroadenoma mammae (FAM).

FAM merupakan jenis tumor jinak yang paling umum terjadi di area payudara. Bentuknya bulat dengan batas tegas dan memiliki konsistensi kenyal dengan permukaan yang halus.

Ukuran benjolan ini bisa membesar pada masa kehamilan. Namun. kondisi ini berbeda dengan tumor dan kanker payudara. Perbedaannya yaitu FAM tidak menyebar ke organ lain seiring berjalannya waktu, tidak seperti kanker payudara.

 

  • Kista payudara

Selain fibroadenoma, benjolan payudara juga bisa terjadi akibat kista payudara. Kebanyakan kista payudara berbentuk bulat dan lonjong. Ketika kamu menyentuhnya, rasanya kenyal seperti balon berisi cairan. 

Untungnya, pertumbuhan massa di payudara ini bersifat jinak karena tak mengandung sel kanker. Namun kista payudara juga dapat menyebabkan payudara terasa sakit.

 

Jika payudara terasa sakit disertai dengan benjolan, ada kemungkinan bahwa itu merupakan gejala awal kanker payudara.

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang berkembang pada sel-sel payudara. Sel abnormal ini dapat menyebar ke anggota tubuh lain pada stadium yang lebih parah. Selain rasa nyeri, sakit yang biasa dikeluhkan oleh pengidap kanker payudara yaitu sensasi menusuk atau terasa kencang pada payudara.

 

  • Operasi payudara

Operasi payudara dan terapi radiasi untuk mengatasi kanker payudara bisa menyebabkan pembentukan jaringan parut. Hal ini dapat menyebabkan payudara terasa sakit atau mati rasa jika jaringan parut berkembang di sekitar saraf.

 

  • Cedera atau trauma

Benturan, tekanan berlebihan atau cedera fisik dapat menyebabkan payudara terasa nyeri. Masalah ini dapat merusak jaringan payudara, termasuk otot, ligamen, atau struktur pendukung lainnya yang mengakibatkan timbulnya nyeri. 

 

  • Ketidakseimbangan asam lemak

Asam lemak yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mempengaruhi sensitivitas jaringan payudara terhadap sirkulasi hormon dalam tubuh.

 

  • Mengkonsumsi kafein berlebihan

Beberapa orang merasakan adanya perbaikan pada nyeri payudara saat mereka mengurangi atau menghindari konsumsi kafein. 

 

Perawatan Untuk Nyeri Payudara

Nyeri payudara dalam intensitas ringan dapat diatasi dengan beberapa langkah ini:

  • Menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) topikal.
  • Mengenakan bra dengan penyangga ekstra.
  • Mengganti metode KB, jangan menggunakan pil.
  • Kurangi dosis terapi hormon menopause.
  • Mengkonsumsi minyak bunga mawar. Suplemen ini dapat menyeimbangkan asam lemak dalam sel payudara.
  • Minum vitamin E guna memperbaiki gejala payudara terasa sakit pada pengidap payudara siklik.
  • Kompres hangat untuk meredakan nyeri dan mengurangi peradangan.
  • Istirahat yang cukup dan kelola stres karena stres dapat mempengaruhi nyeri payudara.
  • Olahraga teratur untuk meningkatkan sirkulasi dan mengurangi nyeri pada payudara.

 

Cara Menghilangkan Rasa Nyeri di Payudara?

Terdapat beberapa cara untuk membantu mengatasi rasa sakit dan mencegah perburukan gejala nyeri, antara lain:

  • Makan makanan rendah lemak

Mengkonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat seperti sayuran hijau dapat menurunkan potensi kanker payudara. Sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin. Tingkat darah yang lebih tinggi dari antioksidan ini berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara.

 

  • Batasi kafein

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nyeri payudara pada wanita dapat berkurang karena mereka membatasi kafein atau mengurangi jumlah yang mereka konsumsi.

 

  • Perbanyak vitamin B6 dan vitamin E

Kedua vitamin tersebut telah terbukti membantu mengurangi nyeri payudara. Vitamin E juga melindungi payudara dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat merusak sel.

 

  • Cobalah minyak esensial

Kamu bisa mencoba lavender oil. Sifat anti inflamasi di dalamnya dapat melembabkan kulit. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang mengandung antioksidan kaya vitamin dan antibakteri yang dapat melembabkan kulit.

 

  • Jadwalkan mammogram

Mammogram merupakan prosedur pemeriksaan medik dengan menggunakan sinar-X rendah untuk menghasilkan gambar jadi jaringan payudara. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi dini kelainan pada payudara.

Untuk menghilangkan dan mencegah nyeri pada payudara, kamu dapat menjadwalkan mammogram seminggu setelah menstruasi. Pasalnya sebelum atau selama menstruasi payudara menjadi lebih sensitif.

 

Madu Herbal Zymuno

Zymuno merupakan madu imunoterapi herbal pertama di Indonesia yang diformulasikan khusus oleh para ahli terpercaya sehingga dapat memberikan berbagai khasiat, seperti mengobati benjolan yang ada pada leher, payudara, ketiak atau bagian tubuh lainnya, mengobati tiroid, mengobati kista/miom, serta mampu mengobati tumor jinak.

zymuno

Madu Zymuno sudah terbukti 3x lebih ampuh dalam membantu mengobati benjolan, bahkan untuk gejala yang sudah menahun.

 

Komposisi Madu Zymuno

Madu Zymuno dijamin berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi dan sudah terdaftar dalam BPOM. Madu herbal ini juga menggunakan bahan herbal alami dan pilihan, diantaranya seperti:

  • Madu Asli

Madu mengandung zat anti-tumor yaitu flavonoid, asam folat, asam amino, protein, dan enzim. Zat tersebut berkhasiat sebagai anti-inflamasi untuk mengobati benjolan dan peradangan kronis penyebab sel tumor.

  • Daun Meniran

Daun meniran kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat meningkatkan fungsi vitamin dan mineral, sehingga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, mencegah infeksi bakteri dan virus, serta mengobati pembengkakan dan benjolan.

Tak hanya itu saja, daun meniran juga dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dengan bertindak sebagai sel mati sehingga tidak akan memicu munculnya sel tumor baru.

  • Daun Kelor

Daun kelor mengandung 50 antioksidan, 27 vitamin, 9 asam amino esensial, dan garam mineral yang berkhasiat melawan radikal bebas dalam tubuh.

Senyawa alami yang ada di dalam daun kelor yaitu allasea monosakarida berkhasiat untuk menghentikan siklus sel tumor pada tahap awal.

  • Temulawak

Temulawak memiliki dua kandungan utama yaitu kurkumin dan xanthorrhizol yang berkhasiat mengobati peradangan, pembengkakan dan benjolan, menekan induksi bintik tumor, serta meningkatkan imunitas tubuh.

 

Zymuno Sangat Direkomendasikan Untuk Siapapun yang Mengalami Masalah Kesehatan

  • Mengalami masalah benjolan pada tangan, leher, ketiak, dan pada payudara yang tak kunjung sembuh.
  • Benjolan muncul kembali setelah operasi.
  • Munculnya benjolan disertai rasa nyeri, demam, lemas, dan penurunan berat badan.
  • Menderita kista dan tiroid.
  • Sudah mencoba berbagai macam obat penyembuh benjolan namun masih belum ada perubahan.
  • Sudah coba terapi dan berobat kemana-mana, namun belum sembuh juga.
  • Bingung mencari obat yang terbukti ampuh mengobati benjolan.

 

Aturan Minum Zymuno

Madu Zymuno aman dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Adapun aturan minumnya yaitu:

  • Kocok dahulu sebelum diminum
  • Diminum 2x sehari sebanyak 2 sendok makan
  • Diminum setelah makan

 

Note : kondisi khusus (diabetes/kadar gula darah tinggi), diminum 1x sehari sebanyak 1 sendok makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?