Kenali 6 Penyebab Cacingan Pada Orang Dewasa

Apakah anda sudah mengetahui hal apa saja yang bisa jadi penyebab cacingan pada orang dewasa? Benarkan dengan makan makanan mentah bisa membuat cacingan? Mari simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya. Masalah cacingan memang banyak diderita oleh anak-anak. Namun cacingan juga bisa dialami oleh orang dewasa.

Cacingan Itu Penyakit Apa?

Cacingan adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh masuknya cacing ke dalam tubuh lalu menginfeksi tubuh. Gejala cacingan yang dirasakan setiap penderitanya berbeda-beda. Ada orang yang hanya mengalami satu atau dua gejala, ada juga yang mengalami banyak gejala.

Apakah anda sudah mengetahui apa saja gejala cacingan yang muncul pada orang dewasa? Gejala cacingan pada orang dewasa ternyata tidak berbeda dengan cacingan yang dialami oleh anak-anak. Gejalanya yaitu perut terasa sakit, muncul rasa mual, muntah, merasa lelah, nafsu makan jadi menurun, diare dan juga berat badan jadi menurun. Gejala yang muncul biasanya mengganggu saluran pencernaan. Lalu, apa saja penyebab cacingan pada orang dewasa?

Penyebab Cacingan pada Orang Dewasa

Penyebab cacingan yang dialami orang dewasa berbeda-beda. Tergantung dengan cacing apa yang memasuki dan menginfeksi tubuh. Berikut merupakan berbagai penyebab cacingan pada orang dewasa:

1. Menyentuh Cacing Kremi

Penyebab cacingan pada orang dewasa yang pertama yaitu menyentuh cacing kremi. Lho, memang ada orang yang sengaja menyentuh cacing? Tidak, bukan seperti itu maksudnya. Jadi, misalnya jika seseorang memegang tanah dan tidak sengaja menyentuh cacing kremi atau telur cacingnya, maka berisiko menderita cacingan.

Bisa juga apabila tidak rajin mencuci tangan, tidak sadar bahwa tangannya kotor namun memasukkan suatu makanan dan menelannya. Atau bisa juga telur cacing ini tidak sengaja terhirup karena saking kecil ukuran telurnya. Hal-hal tersebut bisa membuat cacing kremi atau telur cacing masuk ke dalam tubuh manusia dan membuat cacing tersebut berkembang biak di usus besar dan rektum.

2. Mengonsumsi Daging Mentah

Mengonsumsi daging mentah adalah penyebab cacingan pada orang dewasa yang kedua. Jadi apabila anda mengonsumsi daging mentah yang diragukan kebersihannya, maka berisiko tinggi mengalami cacingan. Selain itu juga ketika anda meminum air yang tidak bersih (sudah terkontaminasi oleh telur cacing) maka bisa menderita cacingan.

Cacing yang biasa ada di daging mentah atau minuman yang terkontaminasi ini adalah cacing pita. Yang membuat cacing pita ini cukup mengerikan yaitu karena cacing ini bisa hidup selama 30 tahun di dalam tubuh manusia. Sangat lama bukan? Bahkan panjang dari tubuhnya pun bisa mencapai 15 cm.

3. Tinggal di Lingkungan Kotor

Penyebab cacingan pada orang dewasa yang selanjutnya yaitu tinggal di lingkungan kotor. Jika anda tinggal di lingkungan kotor dan sanitasi yang buruk, maka anda berisiko untuk menderita cacingan. Selain itu juga jika anda mengonsumsi makanan yang tidak bersih (sudah terkontaminasi oleh telur cacing gelang), anda lebih berisiko terkena cacingan. Dibandingkan dengan orang yang selalu menjaga kebersihan makanan.

@heallife.tyl orang dewasa bisa menderita cacingan juga ya gais #infokesehatan #cacingan #orangdewasa #teorivanass ♬ suara asli – vanas – HealthyLifeStyle

4. Mengonsumsi Sayuran Mentah

Mengonsumsi sayuran mentah juga merupakan salah satu penyebab cacingan pada orang dewasa. Mungkin anda bertanya-tanya, lho bukannya mengonsumsi sayuran itu bagus untuk tubuh?
Betul, mengonsumsi sayuran mentah memang bagus untuk tubuh. Namun dengan catatan sayuran tersebut harus dicuci dengan air mengalir hingga dipastikan bersih dari cacing maupun telur cacing. Karena jika tidak, telur cacing pipih suka untuk tinggal di sayuran mentah contohnya seperti selada air.

5. Tidak Menggunakan Alas Kaki

Penyebab cacingan pada orang dewasa yang kelima yaitu tidak menggunakan alas kaki. Sebenarnya, berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki itu bagus untuk kesehatan. Namun, yang harus menjadi catatan adalah jangan lupa untuk mencuci kaki setelah berjalan di atas tanah. Karena larva dan telur cacing tambang senang berada di tanah. Jika kebersihan kaki anda tidak dijaga, maka anda berisiko untuk menderita cacingan. Karena apa? Karena telur dan larva cacing bisa menembus pori-pori kulit manusia.

6. Mengonsumsi Makanan yang Terkontaminasi

Mengonsumsi makanan yang terkontaminasi adalah penyebab cacingan pada orang dewasa yang terakhir. Makanan yang dimaksud di sini misalnya daging yang sudah matang namun sudah terkontaminasi dengan telur atau larva cacing trikinosis.

Jika telur atau larva sudah masuk ke dalam tubuh manusia, ia bisa menjadi sangat aktif. Pertama-tama ia akan tinggal di usus hingga dewasa, kemudian berkembang biak. Lalu setelah itu menyebar ke otot atau jaringan tubuh lain. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan makanan, ya. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi sudah terkontaminasi oleh telur ataupun larva cacing.

Solusi Mengatasi Cacingan

Setelah mengetahui penyebab cacingan pada orang dewasa, sekarang saatnya untuk mengetahui solusi agar masalah cacingan ini bisa teratasi dengan baik. Solusi yang efektif yaitu dengan mengonsumsi Vitummy. Vitummy adalah produk madu herbal yang terbukti bisa mengatasi cacingan.

Karena kandungannya alami, jadi Vitummy ini boleh dikonsumsi oleh semua kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Produk ini terbuat dari temulawak, madu, pepaya dan bawang putih. Berikut penjelasannya.

  • Temulawak
    Kandungan yang ada di temulawak bisa meningkatkan nafsu makan dan juga berat badan.
  • Madu
    Kandungan yang ada di madu bisa menghalangi masuknya zat asing ke dalam tubuh.
  • Pepaya
    Kandungan yang ada di pepaya bisa melancarkan sistem pencernaan tubuh.
  • Bawang putih
    Kandungan yang ada di bawang putih bisa menghambat pertumbuhan cacing.

Bahan-bahan tersebut memiliki kandungan yang bisa menghasilkan banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Mengatasi masalah pencernaan, seperti cacingan.
  • Meningkatkan selera atau nafsu makan dan berat badan.
  • Membuat tumbuh kembang jadi optimal.
  • Memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh.
  • Memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh.

penyebab cacingan pada orang dewasa

Upaya Mencegah Cacingan

Setelah membahas berbagai penyebab cacingan pada orang dewasa, sekarang saatnya membahas langkah apa saja yang bisa dilakukan agar mencegah terjadinya cacingan.

  • Menghindari makan makanan atau sayur yang masih mentah. Terutama seperti selada air.
  • Menghindari makan daging sapi dan daging ayam yang belum matang.
  • Memisahkan tempat menyimpan daging dengan tempat bahan masakan lain.
  • Mencuci alat masak dengan bersih, terutama setelah memasak daging.
  • Jika anda memiliki hewan peliharaan, maka rutin untuk membersihkan kotorannya.
  • Membiasakan diri serta anggota keluarga untuk mencuci tangan pada berbagai kondisi. Seperti saat sebelum makan, setelah makan dan setelah bermain.
  • Menghindari jalan tanpa alas kaki di atas tanah yang terlihat kotor atau ada kotorannya.
  • Jika anda bepergian ke luar negeri, usahakan untuk minum dari kemasan (agar jelas tidak terkontaminasi) dan makan makanan yang matang.
  • Mengetahui proses masak makanan yang dibeli di luar rumah. Jadi misal jika terlihat tempat penjualannya kotor, maka lebih baik untuk tidak jadi beli. Pilihlah tempat penjual makanan yang bersih.

Begitulah penyebab cacingan pada orang dewasa dan juga tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya cacingan. Jadi, meskipun sudah dewasa masih tetap bisa terkena cacingan.

Selalu berhati-hati dan jaga kesehatan, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?