Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Aman dan Ampuh

Cara menaikkan berat badan bayi hingga batas normal sesuai dengan usianya cukup beragam. Selain anak-anak dan orang dewasa, bayi juga bisa mengalami masalah terkait berat badan. Bayi juga bisa mengalami masalah berat badan kurang atau underweight yang artinya berat badan bayi di bawah rata-rata anak seusianya.

Bayi yang kekurangan berat badan tentunya bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya. Misalnya yaitu si kecil menjadi lebih mudah terkena penyakit, mengalami masalah tumbuh kembang fisik, perkembangan otak, perkembangan metabolik yang pastinya bisa berdampak buruk untuk masa depan mereka.

Masalah berat badan bayi yang kurang ini tentu sangat tidak diinginkan oleh para orang tuanya, apalagi jika mengingat dampak buruk yang bisa terjadi karenanya. Karena itu bb bayi kurang sering membuat orang tua khawatir dengan buah hati mereka. Orang tua tentunya juga harus berusaha untuk menaikkan bb bayi agar kembali normal.

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Mudah di Rumah

Berat badan si kecil naik dengan stabil setiap bulannya jika ia menyusu dengan baik. Bayi yang berusia 0-6 bulan akan bertambah 560-800 gram setiap bulannya. Kemudian pada usia 6-12 bulan berat badannya akan naik 340-560 gram setiap bulannya. Namun terdapat beberapa masalah ketika berat badan bayi tidak bertambah.

Berat badan si kecil yang tidak bertambah sehingga menjadi kurang bisa terjadi karena berbagai penyebab. Misalnya yaitu karena jumlah ASI yang mereka konsumsi kurang. Penyebab ini bisa terjadi ketika bayi malas menyusu sebab posisi menyusu yang tidak benar atau sedang mengalami masalah luka atau sariawan di mulut.

Penyebab lainnya karena pemberian MPASI kurang tepat hingga adanya kondisi kesehatan seperti penyakit celiac atau alergi makanan yang menyebabkan asupan nutrisi bayi tidak terserap dengan maksimal. Jika bb si kecil kurang maka orang tua harus menerapkan cara menaikkan berat badan bayi demi kesehatan bayi sendiri.

Orang tua bisa mencoba banyak usaha untuk menaikkan berat badan di kecil hingga batas normal. Cara tersebut bahkan terbilang cukup mudah dan orang tua bisa menerapkannya setiap hari. Dengan begitu maka peluang bb bayi meningkat semakin besar. Nah, berikut akan kita bahas beberapa cara menambah bb bayi:

Beri Bayi ASI Lebih Sering

Cara menaikkan berat badan bayi yang pertama yaitu dengan memberikan ASI pada bayi lebih sering. Contohnya yaitu memberikan ASI setiap 2 hingga 3 jam sekali dengan durasi menyusu 20 menit. Jika Bayi berhenti menyusu sebelum 20 menit maka ibu bisa mengganti posisi atau menggelitik si kecil agar mau menyusu kembali hingga durasi selesai.

Cara menaikkan berat badan bayi ini juga mengharuskan si kecil menyusu dengan posisi nyaman. Contoh posisinya yaitu cradle position yaitu lengan ibu menopang bayi di sepanjang punggung dan leher sedangkan kepala bayi di dekat siku. Posisi lainnya yaitu menyamping yang bisa dilakukan ketika menjelang tidur atau saat ibu sudah lelah.

Ibu juga harus memberikan ASI eksklusif terutama untuk bayi prematur selama 24 minggu pertama mereka. Hal tersebut bisa menunjukkan kenaikan bb yang signifikan. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga bisa membantu membangun kekuatan dan kesehatan bayi prematur bahkan bisa melindungi si kecil dari infeksi.

Beri Susu Formula Bila Perlu

Cara menaikkan berat badan bayi lainnya yaitu dengan memberikan susu formula untuk mereka. Terutama ketika produksi ASI seorang ibu hanya sedikit atau menurun sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan si kecil. Dengan susu formula maka kebutuhan nutrisi bayi bisa tetap tercukupi dan berat badannya juga bisa naik.

Meskipun bisa menggunakan susu formula, ibu harus tetap memberikan ASI untuk bayi. Jika produksi ASI menurun maka ibu bisa meningkatkannya dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mampu memperbanyak asi, kelola stress dengan baik, menyusui sesering mungkin, beristirahat dengan cukup dan berbagai upaya lainnya.

@djiwa_journal Snack MPASI buat BB Booster cuma 3 bahan aja 🥰 Alpukat dessert atau alpukat custard ini cocok buat nambah berat badan si kecil. Kesukaan Djiwa waktu awal awal MPASI. Rasanya enak perpaduan antara alpukat dan susu UHT. Bisa dari usia 6+ ya mom. Jangan lupa re cook di rumah 😋 Jangan lupa follow untuk tau informasi seputar MPASI dan resep MPASI!! #mpasimenulengkap #mpasisehat #mpasibayi #mpasiantigtm #mpasi8bulan #TikTokImpact #icecreammpasi #cetakanicecreammpasi #escreammpasi #snackmpasi #snackmpasibayi #fyp #mpasibbulanpertama #gtm #gerakantutupmulut #mpasi #mpasihomemade #mpasi6bulan #djiwabirthday #mpasi ♬ พี่ชอบหนูที่สุดเลย (I Like You The Most) Feat.VARINZ – Speed Up Version – PONCHET

Selesaikan Masalah Tongue-Tie

Tongue-tie bisa menyebabkan bayi kurang berat badan karena membuat mereka sulit untuk menyusu sehingga asupan ASInya kurang. Karena itu cara menaikkan berat badan bayi selanjutnya orang tua bisa mengatasi tongue-tie. Caranya dengan operasi memotong jaringan tipis di bawah lidah agar bayi bisa menyusu dengan mudah.

Memberi Pijatan untuk Tubuh Bayi

Pijat juga bisa menjadi cara mudah untuk membantu menambah berat badan si kecil. Pijatan mampu melancarkan pencernaan bayi dan meningkatkan nafsu makannya sehingga bayi bisa minum ASI lebih banyak dan lebih sering. Orang tua juga harus memastikan pijatan bayi tepat atau bahkan menggunakan jasa pijat yang ahli.

Sering Menggendong Bayi

Sering menggendong bayi yang baru lahir juga termasuk cara menaikkan berat badan bayi. Dengan menggendong si kecil, maka mereka akan merasa lebih nyaman dan tidak akan menangis. Kontak antara ibu dan bayi juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI dan menumbuhkan ikatan ibu dan anak semakin erat.

Pastikan Bayi Tidur Cukup

Cara selanjutnya yaitu dengan memastikan bayi mendapatkan tidur yang cukup. Bayi yang baru lahir memang akan lebih sering tidur setiap harinya. Hal tersebut bukanlah masalah bahkan bisa membantu meningkatkan berat badan. Karena itu orang tua harus bisa memastikan bahwa bayi bisa tidur cukup dengan nyaman.

Segera Periksakan ke Dokter Jika Bayi Sakit

Jika bayi menunjukkan tanda-tanda sakit seperti rewel atau demam maka segeralah bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Sebab, ketika bayi sakit maka bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya serta menghambat pertumbuhannya. Berat badannya bahkan bisa terus berkurang saat sakit.

Perhatikan Pemberian MPASI dan ASI

Cara menaikkan berat badan bayi lainnya dengan memperhatikan pemberian MPASI dan ASI. Untuk bayi berusia 6-8 bulan sebaiknya diberi MPASI 2 kali sehari dan ASI 6 kali sehari. Sedangkan usia 9-11 bulan MPASI 4 kali dan ASI 4 kali. Lalu pada usia 12 bulan keatas maka bisa diberi makanan pendamping 6 kali dan ASI 2 kali.

Jika sudah waktunya MPASI maka cara menaikkan berat badan bayi yaitu dengan memberikan makanan yang bergizi. Terutama makanan yang banyak mengandung lemak baik, serat, protein, dan kalori. Contohnya dengan memberikan buah pisang, alpukat, yoghurt dan keju. Jangan lupa untuk tetap memberikan ASI atau susu formula.

Konsumsi Weight Herba

Untuk bayi yang sudah berusia 2 tahun lebih maka orang tua bisa memberinya Weight Herba. Weight Herba adalah susu penambah berat badan yang terbuat dari susu kambing etawa dan bahan alami bermanfaat lainnya yaitu temulawak dan daun kelor. Produk ini sudah terdaftar di BPOM dan memiliki label Halal dari MUI.

Produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak usia 2 tahun hingga lansia sekalipun. Manfaatnya sendiri sangat beragam mulai dari menambah berat badan dengan cepat, menambah asupan kalori dan protein, memperbaiki saluran pencernaan, menurunkan kadar gula darah tetap normal dan berbagai manfaat lainnya.

Cara menaikkan berat badan bayi di atas tentunya cukup mudah dan efektif. Orang tua terutama para ibu tidak perlu ragu untuk menerapkannya demi kesehatan si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?