4 Penyebab Tidak Nafsu Makan Mual dan Pusing Saat Hamil Muda

Sebenarnya, apa sih penyebab yang membuat tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda? Apakah karena ibu hamil merasa stres atau karena apa? Mari simak artikel ini bersama-sama untuk mendapatkan jawabannya.

Sebelum mengetahui penyebab mual dan tidak nafsu makan saat hamil, Bumil perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu mual. Mual merupakan kondisi tidak nyaman yang muncul dari perut dan bisa membuat sampai muntah.

Informasi yang perlu diketahui Bumil adalah mual merupakan salah satu tanda bahwa kondisi janin anda baik. Selain itu juga membuat risiko terjadinya keguguran lebih kecil.

Jadi tidak perlu khawatir ya, Bumil. Cukup perlu mencari tahu apa penyebab mual dan tidak nafsu makan serta cara mengatasinya saja.

Penyebab Tidak Nafsu Makan Mual dan Pusing Saat Hamil Muda

Jadi, apa saja penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda? Mari simak penjelasan di bawah ini.

1. Hormon Kehamilan

Penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda yang pertama yaitu pengaruh hormon kehamilan.

Hormon kehamilan seperti hormon HCG dan juga hormon estrogen bisa membuat Bumil merasa mual. Kedua hormon ini tentunya sangat bermanfaat bagi janin.

Keberadaan janin bisa menjadi lebih kuat akibat hormon HCG. Namun sayang sekali, tidak semua Bumil memiliki kadar hormon HCG yang sebagaimana mestinya.

Jika kadar hormon HCG yang dimiliki Bumil rendah, maka salah satu solusinya yaitu bisa dengan suntik hormon HCG. Tapi, hal ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya, Bumil.

Janin juga bisa terjamin bahwa nutrisinya bisa terpenuhi karena hormon estrogen. Lalu, apakah Bumil tahu sumber makanan apa saja yang mengandung hormon estrogen ini?

Bumil bisa mengonsumsi kacang kedelai, biji-bijian karena ada kandungan hormon estrogennya.

2. Sensitivitas Meningkat

Penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda yang kedua yaitu karena adanya peningkatan sensitivitas.

Banyak kasus yang menyebutkan bahwa Bumil merasa jauh lebih sensitif dibandingkan saat tidak hamil. Misalnya ketika menghirup aroma yang terasa aneh, rasa mual langsung meningkat.

Hal ini adalah hal yang wajar. Karena sistem indera Bumil jadi lebih sensitif ketika hamil. Perubahan ini terjadi dikarenakan salah satu hormon yang ada di dalam tubuh, yaitu hormon progresteron.

3. Stres

Stres juga merupakan salah satu penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda. Apakah Bumil sudah mengetahui kalau stres memiliki hubungan yang erat dengan gangguan pencernaan?

Salah satu gangguan pencernaan yang sering muncul yaitu mual. Bahkan jika stres tersebut tidak dikelola dengan baik, bisa membuat pertumbuhan janin terhambat.

4. ISK (Infeksi Saluran Kemih)

Penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda yang terakhir yaitu ISK. ISK adalah singkatan dari infeksi saluran kemih.

Penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi tubuh. Bakteri tersebut bisa berisiko menimbulkan gangguan pencernaan seperti mual.

Jadi bagaimana, penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda sudah terjawab bukan?

Selanjutnya mari membahas tentang tips agar rasa mual berkurang dan nafsu makan meningkat.

Tips agar Mual Berkurang dan Nafsu Makan Meningkat

Setelah mengetahui apa penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda, selanjutnya kita akan membahas tips atau solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Mengonsumsi Vitummy

Vitummy merupakan produk madu herbal yang sudah tersebar luas di Indonesia. Produk ini terbukti aman, sudah terverifikasi halal dan juga terdaftar dalam BPOM.

Madu herbal ini terbuat dari bahan bahan alami yang berkualitas. Jadi ketika disatukan, semua kandungan ini akan bekerja memberikan yang terbaik untuk tubuh.

Kandungan yang ada di dalamnya yaitu madu, pepaya, temulawak, dan bawang putih. Setiap kandungan ini memberikan manfaat yang berbeda sehingga tubuh bisa mendapat banyak manfaat hanya dengan mengonsumsi 1 produk Vitummy.

Vitummy ini boleh dikonsumsi oleh berbagai jenis usia. Mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Ibu hamil pun tentu diperbolehkan dan aman untuk mengonsumsi produk ini.

Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi Vitummy:

  • Meningkatkan nafsu makan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh
  • Membuat kebutuhan energi harian tubuh terpenuhi
  • Masalah gangguan pencernaan teratasi

Jangan lupa untuk mengonsumsi sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan ya, Bumil. Untuk Bumil dan usia dewasa, dianjurkan untuk mengonsumsi sebanyak 2 sendok makan, 2x sampai 3x dalam sehari.

tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda

2. Mengonsumsi Biskuit

Biskuit adalah salah satu makanan yang direkomendasikan untuk Bumil agar mual berkurang. Biskuit direkomendasikan untuk dimakan saat perut Bumil masih kosong.

3. Memperbaiki Pola Makan

Pola makan yang disarankan untuk Bumil agar rasa mual berkurang dan nafsu makan meningkat yaitu:

  • Makan sedikit tapi sering
  • Mengurangi makan makanan yang pedas, makanan manis atau makanan yang berlemak
  • Menghindari makanan yang membuat mual
  • Mengonsumsi berbagai jenis sup, karena sup bisa membuat selera makan meningkat dan tidak meningkatkan rasa mual

4. Menggunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian yang ketat bisa memberikan tekanan berlebih pada tubuh. Jika tubuh mengalami penekanan, termasuk menekan perut, maka hal ini bisa menimbulkan rasa mual.

Karena hal tersebut membuat adanya peningkatan asam lambung. Jadi, menggunakan pakaian longgar adalah salah satu tips agar rasa mual bisa berkurang.

5. Mengelola Stres

Di atas sudah disebutkan bahwa stres merupakan salah satu penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda. Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik adalah salah satu tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres.

Ingat apa saja hal buruk yang bisa terjadi jika tidak mengelola stres dengan baik? Jadi, jangan lupa untuk berusaha mengelola stres dengan baik ya, Bumil.

6. Tidak Berbaring Setelah Makan

Apakah Bumil memiliki kebiasaan setelah makan langsung berbaring? Mari perbaiki kebiasaan buruk ini, ya.

Lho kok kenapa disebut kebiasaan buruk? Karena hal ini bisa berdampak buruk untuk tubuh Bumil. Ketika Bumil selesai makan dan langsung berbaring, maka kemungkinan asam lambung meningkat jadi sangat tinggi.

Hal ini diakibatkan oleh gaya gravitasi. Bayangkan saja makanan baru masuk ke dalam perut, namun posisi badan sudah langsung berbaring. Maka, makanan pun bisa terangsang untuk keluar lagi dan Bumil mengalami muntah.

Jika sudah parah, asam lambung yang meningkat ini bisa membuat dada terasa panas dan sesak.

7. Berkumur dan Menggosok Gigi Setelah Makan

Sisa makanan yang masih ada di dalam mulut terkadang bisa memicu rasa mual. Oleh karena itu, menggosok gigi adalah solusi yang tepat untuk mengurangi mual.

Setelah menggosok gigi, Bumil juga bisa berkumur-kumur agar kebersihan mulut lebih terjaga.

Itulah 4 penyebab tidak nafsu makan mual dan pusing saat hamil muda dan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi masalah tersebut. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop
produk nasa

Stc PT Natural Nusantara

Selamat datang di stc PT Natural Nusantara. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang di PT Natural Nusantara, ada yang bisa Saya bantu?